eprintid: 6325 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/63/25 datestamp: 2021-12-16 01:58:19 lastmod: 2021-12-16 01:58:19 status_changed: 2021-12-16 01:58:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71170229, Sharon Pramesty creators_id: sharon.pramesty@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Susanto, Budi contributors_name: Rini, Maria Nila Anggia corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PEMBANGUNAN DASHBOARD PENJUALAN TUNAI PADA BISNIS RITEL ispublished: pub subjects: HF subjects: QA75 subjects: T1 subjects: ZA4450 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Penjualan Tunai, Data Mart, KPI, Dashboard abstract: Data-data transaksi sebagai manifestasi dari proses penjualan tunai pada bisnis ritel bertambah setiap hari. Setiap data transaksi tersebut disimpan dalam basis data terpisah di setiap toko yang dimiliki oleh perusahaan bisnis ritel. Data transaksi disimpan sebagai rekap untuk pembuatan laporan berbentuk sheet. Penelitian ini dilakukan untuk memudahkan pihak perusahaan bisnis ritel dalam membaca dan menganalisis data penjualan tunai melalui visualisasi dashboard. Visualisasi dashboard tersebut didasarkan data mart penjualan tunai. Pembangunan data mart dilakukan sesuai dengan key performance indicator (KPI) milik perusahaan. KPI tersebut didapat dari proses wawancara dengan pihak perusahaan. Data mart berguna untuk menyatukan, membersikan dan mengolah seluruh data transaksional dari setiap toko milik perusahaan menjadi data historis. Data historis tersebut kemudian digunakan untuk membangun dashboard. Antar muka dashboard dibangun menggunakan bahasa pemrograman Python dan framework Plotly Dash. Evaluasi user experience menggunakan kuesioner User Experience Questionnare (UEQ) menghasilkan nilai excellent pada seluruh skala penilaian. Kedua skala yang mendapat nilai excellent tertinggi adalah Daya Tarik (2,24) dan Kebaruan (2,19). Kemudian disusul skala lainnya yang mendapat nilai excellent, yaitu Kejelasan (2,08), Efisiensi (2,17), Ketepatan(2,00), dan Stimulasi (2,17). date: 2021-07-31 date_type: published pages: 52 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71170229, Sharon Pramesty (2021) PEMBANGUNAN DASHBOARD PENJUALAN TUNAI PADA BISNIS RITEL. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6325/1/71170229_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6325/2/71170229_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf