eprintid: 6290 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/62/90 datestamp: 2021-12-14 02:03:39 lastmod: 2021-12-14 02:03:39 status_changed: 2021-12-14 02:03:39 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71170144, Wilhelmus Krisvan Pamungkas creators_id: wilhelmus.krisvan@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Susanto, Budi contributors_name: Rini, Maria Nila Anggia corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PEMBANGUNAN DASHBOARD PENGADAAN BARANG PADA BISNIS RITEL ispublished: pub subjects: HF subjects: T1 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Data Mart, Column-based , Dashboard, Pengadaan Barang, Key Performance Indicator (KPI) abstract: Data yang berkaitan dengan pengadaan barang dihasilkan setiap harinya. Dalam melakukan transaksi pengadaan barang, setiap transaksi mencatat lebih dari satu record pada sebuah database. Untuk melakukan pelaporan pada transaksi pengadaan barang, diperlukan rekap terhadap semua data transaksi pengadaan barang pada setiap toko yang dimiliki perusahaan ritel XYZ. Pembangunan data mart pada penelitian ini ditujukan agar menyatukan data semua transaksi pengadaan barang di setiap toko perusahaan ritel. Pengimplementasian database berbasis column-based juga membantu dalam mempersingkat waktu query seluruh record yang ada pada data mart. Kemudian penelitian ini juga membantu pihak perusahaan ritel dalam menganalisis data dari data mart sesuai Key Performance Indicator (KPI) yang sudah ditentukan perusahaan melalui visualisasi dashboard. Penelitian ini menggunakan Python Dash sebagai sarana untuk pembuatan visualisasi dashboard. Dilakukan tahap evaluasi pengalaman pengguna menggunakan User Experience Quesionaire (UEQ). Dari hasil evaluasi menggunakan UEQ menunjukkan bahwa aspek skala daya tarik dengan rata-rata 2.10, efisiensi dengan rata-rata 2.27, ketepatan dengan rata-rata 2.13, stimulasi dengan rata-rata 2.10, dan kebaharuan dengan rata-rata 1.90 mendapatkan hasil skor excellent. Sedangkan pada aspek skala kejelasan dengan rata-rata 1.75 mendapatkan hasil skor Above Average. date: 2021-07-31 date_type: published pages: 63 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71170144, Wilhelmus Krisvan Pamungkas (2021) PEMBANGUNAN DASHBOARD PENGADAAN BARANG PADA BISNIS RITEL. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6290/1/71170144_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6290/2/71170144_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf