%0 Thesis %9 Bachelor %A 71170135, Arnan Dwika Diasmara %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2021 %F katalog:6289 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K The Battle of Honor, Case-Based Reasoning, Rule-Based Systems, Unity, AI %P 78 %T SISTEM CERDAS PERMAINAN PAPAN THE BATTLE OF HONOR DENGAN DECISION MAKING DAN MACHINE LEARNING %U https://katalog.ukdw.ac.id/6289/ %X The Battle of Honor merupakan permainan papan dimana 2 pemain saling berhadapan untuk menjatuhkan bendera lawannya, tetapi dalam jalannya permainan dibutuhkan pihak ketiga yang berperan sebagai wasit karena pemain yang saling berhadapan tidak dapat saling melihat bidak lawannya. Peran wasit sangat penting dalam menentukan pemenang bidak yang bertabrakan. Kesalahan wasit tidak akan diketahui hingga berakhirnya permainan. Solusi dari hal tersebut yaitu mengimplementasikan Rule-Based Systems (RBS) pada sistem yang dikembangkan dengan Unity untuk mendukung peran wasit dalam memberikan keputusan berdasarkan aturan permainan sehingga tidak akan ada kesalahan dalam menentukan pemenang maupun mengatur jalannya permainan. Peneliti juga mengembangkan Artificial Intelligence (AI) sebagai lawan dengan menerapkan Case-Based reasoning (CBR). Penerapan CBR mengatasi masalah AI sebagai lawan untuk bisa bertindak berdasarkan keadaan papan permainantanpa mengetahui pangkat bidak lawan. CBR memberikan solusi strategi yang perlu dilakukan oleh AI sebagai lawan dengan melihat kondisi papan permainan dalam kasus. Penerapan CBR didukung dengan algoritma nearest neighbour untuk mencari kasus yang memilikitingkat kemiripan yang tinggi. Kesuksesan RBS dan CBR dilihat dari 2 pengujian yang dilakukan peneliti, yaitu pengujian dasar dan pengujian skenario. Pada pengujian dasar didapatkan hasil uji CBR dengan accuracy yang dirumuskan tertinggi dari 3 penguji yaitu 97,101%. Pada pengujian skenario AI sebagai wasit dianalisis lewat bidak yang bertabrakan dan memberikan keputusan yang tepat dalam menentukan kemenangan.