%X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya; (2) mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya; (3) mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya; (4) mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan persepsi harga secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta. Metode sampling yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang merupakan pengambilan sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya, cabang Jl. Kaliurang, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Responden penelitian berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang berisikan 20 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, koefisisen determinasi (R2), Uji Simultan (Uji F), Uji Parsial (t-test). Berdasarkan analisis data statistik, kuesioner dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = -0.538 + 0.249 X1 + 0.118 X2 + 0.171 X3. Berdasarkan analisis koefisisen determinasi (R2), prosentase sumbangan pengaruh variabel kualitas produk, promosi dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 73%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Variabel kualitas produk (X1) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya; (2) Variabel promosi (X2) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya; (3) Variabel persepsi harga (X3) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya; dan (4) Variabel kualitas produk (X1), promosi (X2), dan persepsi harga (X3) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada rumah makan Ayam Penyet Surabaya. Rumah makan Ayam Penyet Surabaya perlu mempertahankan dan terus meningkatkan dan menjaga kualitas produknya agar tetap baik, terus melakukan promosi dan harga yang ditawarkan juga harus terjangkau dan sesuai dengan kemampuan masyarakat agar konsumen merasa puas terhadap rumah makan ayam penyet Surabaya. %I Universitas Kristen Duta Wacana %A Franciscus Tobink 11140062 %K kepuasan pelanggan, kualitas produk, promosi, persepsi harga(customers satisfaction, price perception, product quality, promotion) %T PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN AYAM PENYET SURABAYA %D 2021 %L katalog6250