@phdthesis{katalog6249, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, title = {VISUALISASI DATA NILAI RAPOR SISWA SMA NEGERI 1 PANDIH BATU}, month = {July}, author = {Pardamean Desyuke Sinaga 71150050}, year = {2021}, keywords = {Visualisasi Data, Waterfall, System Usability Scale, Key Performance Indicator}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/6249/}, abstract = {Indonesia memiliki jenjang pendidikan mulai dari pendidikan usia dini sampai Sekolah Menengah Atas serta Perguruan Tinggi, tahapan inilah yang harus dilalui untuk menyelesaikan pendidikan. Untuk menyelesaikan Pendidikan dibutuhkan beberapa aspek yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, yang dilakukan sekolah untuk mengukur kemampuan para siswa. Masalah yang dialami SMA Negeri 1 Pandih Batu, adalah tidak ada sistem yang dapat membantu pihak sekolah dalam melakukan komputerisasi data nilai siswa dan data yang dimiliki saat ini masih diolah menggunakan excel sehingga belum dapat dikelola dengan baik untuk melihat kualitas dari sekolah SMA Negeri 1 Pandih Batu. Dalam penelitian ini ada beberapa tahap dimana penelitian ini menggunakan metode waterfall. Tahap yang pertama adalah melakukan wawancara secara langsung maupun tidak langsung dengan pihak sekolah yaitu wakasek bidang kurikulum untuk menganalisis kebutuhan sistem, tahap ini juga merupakan tahapan untuk menentukan Key Performance Indicator (KPI), tahap kedua adalah melakukan desain sistem dengan acuan hasil dari wawancara yang dilakukan sebelumnya, desain sistem yang dibangun selanjutnya didiskusikan kembali kepada pihak sekolah untuk memastikan apakah sistem yang akan dibangun telah sesuai dengan kebutuhan dari pihak sekolah. tahap berikutnya adalah implementasi sistem, desain yang telah dibangun akan diimplementasikan menjadi sebuah sistem visualisasi data berbasis web. Setelah sistem berhasil dibangun tahap berikutnya adalah evaluasi sistem, evaluasi sistem dilakukan dengan menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS) yang akan diberikan kepada pihak sekolah serta uji coba sistem dengan menggunakan task skenario kepada wakasek bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dapat diterima oleh pengguna, KPI yang telah disepakati dapat berjalan sesuai dengan keinginan pengguna, Skenario pengujian berhasil dilakukan oleh wakasek bidang kurikulum dimana pengguna dapat menyelesaikan 12 dari 13 task yang diberikan. Pada pengujian SUS skor yang diperoleh 73,5 maka dari itu nilai Acceptability Ranges mendapat hasil Acceptable, dimana nilai tersebut telah melewati batas yang telah ditentukan, untuk nilai Grade Scale penelitian ini mendapatkan skor C sedangkan untuk nilai Adjective Rating mendapat nilai Good sehingga sistem ini dapat diterima dengan hasil skor yang telah didapatkan tersebut.} }