eprintid: 6193 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/61/93 datestamp: 2021-11-11 02:27:27 lastmod: 2021-11-11 02:27:27 status_changed: 2021-11-11 02:27:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 72170172, Putu Abdi Setiawan creators_id: putuabdisetiawan@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wibowo, Argo contributors_name: Wijana, Katon corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI CHAT BOT MENGGUNAKAN TELEGRAM DENGAN MENERAPKAN METODE REST API ispublished: pub subjects: T1 subjects: ZA divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Bot Telegram, REST API, sheduller, Command bot abstract: Studi kasus tempat penulis melakukan penelitian merupakan salah satu perusahaan retaill yang melayani segala kebutuhan pokok dan sudah memiliki banyak cabang yang tersebar luas di Indonesia. Pada tahun 2016 PT.YYZ mulai terjun ke dalam bisnis digital dengan membuat sebuah e-commerce. Dengan adanya e-commerce mampu meningkatkan pesanan dari toko yang melayani pesanan dari e-commerce tersebut. Namun dibalik banyaknya pesanan yang masuk ke toko menyebabkan beberapa permasalah yang dapat menghambat proses bisnis dari PT.YYZ tersebut. Selain itu ada juga permasalahan lainnya seperti keterlambatan dalam melakukan pelaporan rekapan penjualan dikarenakan rekapan penjualan masih dilakukan secara manual. Dengan adanya permasalahan ini maka penulis akan mengimplementasikan bot Telegram guna menangani masalah tersebut. Bot Telegram yang diimplementasikan oleh penulis dengan memanfaatkan metode REST API akan bermanfaat untuk melancarkan alur proses bisnis dari e-commerce tersebut. Bot Telegram akan melakukan pengiriman pesan secara serentak yang akan menjadi sebuah reminder bagi staff toko yang melayani pesanan dari e-commerce. Selain itu bot Telegram juga mampu melakukan pelaporan penjualan secara otomatis. Berdasarkan hasil pengujian penerapan metode REST API dalam implementasi bot Telegram ini pada studi kasus PT.YYZ dapat dikatakan berhasil karena dari hasil pengujian metode REST API dapat memenuhi semua test case dengan nilai keberhasilan sebesar 100%. Selain itu hasil pengujian pada sheduller yang melakukan pengiriman pesan reminder serentak juga dapat dinyatakan berhasil dengan nilai keberhasilan sebesar 100%. date: 2021-07 date_type: published pages: 89 institution: Universitas Kristen Dutawacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 72170172, Putu Abdi Setiawan (2021) IMPLEMENTASI CHAT BOT MENGGUNAKAN TELEGRAM DENGAN MENERAPKAN METODE REST API. Bachelor thesis, Universitas Kristen Dutawacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6193/1/72170172_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6193/2/72170172_bab2%20s.d%20bab4_lampiran.pdf