%0 Thesis %9 Bachelor %A 11140007, DWIKY DHARMALA HANDANI TJIPTO %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Manajemen %D 2018 %F katalog:605 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Attraction, Accessbility, Amenities, Ancillary, Kepuasan Pengunjung %P 68 %T ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBYEK WISATA KALIBIRU %U https://katalog.ukdw.ac.id/605/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung obyek wisata Kalibiru dilihat dari atribut attraction, accessbility, amenities dan ancillary serta mengukur tingkat kepuasan pengunjung terhadap masing-masing atribut. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan masyarakat yang pernah berkunjung ke obyek wisata Kalibiru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah IKK (Indeks Kepuasan Konsumen) dan Diagram Cartesius. Hasil IKK penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung obyek wisata Kalibiru dilihat dari atribut attraction, accessbility, amenities dan ancillary berada diklasifikasi puas dengan nilai 528,78 direntang skala 428-606. Sedangkan tingkat rata-rata kepuasan per-atribut yang paling tinggi diperoleh atribut accessbility dengan nilai 20,47 dan berada diklasifikasi sangat puas. Hasil Diagram Cartesius yang paling mendominasi di kuadran B (dipertahankan karena tingkat kinerjanya atribut tinggi dan tingkat kepuasan pengunjung tinggi sehingga pengunjung merasa puas atas kinerja atribut) adalah item atribut aminities. Item-item yang terdapat dikuadran B yaitu toilet terjaga kebersihannya, sistem keamanan baik, tersedianya air bersih, tersedia toilet umum, tersedia tempat sampah. Sementara yang terdapat dikuadran C (prioritas rendah) dan harus dihilangkan karena tingkat kepentingan dan kepuasannya rendah. Item atribut yang berada dikuadran C yang paling dominan yaitu atribut accessbility dan aminities karena memiliki jumlah item yang sama. accessbility yang berada dikuadran C meliputi obyek wisata dekat dengan penginapan, tersedia travel agent, obyek wisata dekat dengan terminal dan atribut amenities penginapan diperoleh dengan mudah, tersedia tempat untuk istirahat, tersedia tempat makan (warung,resto). Hasil dari kuadran D (proritas utama) dan harus mendapatkan perhatian khusus dari pihak pengelola karena tingkat kepuasan dikuadran ini rendah. Menunjukan item atribut attraction yang paling dominan yaitu aktivitas kebudayaan lokal, keramah tamahan warga/pengelola obyek wisata, adanya pertunjukan/festival.