%X Agen cerdas (Artificial Intelligence) adalah sebuah agen yang menerima persepsi dari lingkungan dan melakukan tindakan.Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kecerdasan buatan sehingga agen tersebut dapat berpikir dan bertindak selayaknya manusia.Agen cerdas dapat diterapkan ke dalam berbagai sistem atau program, salah satunya adalah seperti program permainan yang dibuat oleh penulis yaitu kulami. Algoritma agen cerdas yang digunakan penulis adalah negascout, namun untuk mengetahui keberhasilan penerapan algoritma negascout maka penulis juga membuat 3 algoritma lainnya sebagai pembanding yaitu greedy, minimax, dan negamax. Penulis memilih permainan kulami karena merupakan game papan yang penilaiannya berbasis skor, sehingga dianggap cocok untuk penerapan algoritma negascout. Algoritma negascout diharapkan dapat mencari dan menentukan langkah terbaik dalam program permainan kulami. Penelitian dilakukan dengan cara mempertandingkan ke empat algoritma sebanyak masing-masing 30 kali. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa algoritma negascout lebih baik dari algoritma greedy namun tidak lebih baik dari algoritma minimax dan negamax. %A Nico Andriyan 22104858 %K Artificial Intelligence, Negascout, Greedy, Minimax, Negamax, Permainan Kulami %T PENERAPAN ALGORITMA NEGASCOUT PADA PERMAINAN KULAMI %L katalog6040 %I Universitas Kristen Duta Wacana %D 2015