eprintid: 6032 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 232 dir: disk0/00/00/60/32 datestamp: 2021-10-18 01:42:15 lastmod: 2021-10-18 01:42:15 status_changed: 2021-10-18 01:42:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104829, Indra Setiawan Herwanto creators_id: indra.setiawan@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Raharjo, Willy Sudiarto contributors_name: Susanto, Budi corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI PERMAINAN FLOW PADA PEMBANGUNAN SISTEM CAPTCHA ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: CAPTCHA, Permainan Flow, Optical Character Recognition abstract: Spam, pendaftaran otomatis, dan pemungutan suara secara online, merupakan serangan-serangan dari computer (bot) yang menyebabkan pemborosan sumber daya dari sebuah situs. Penyerangan dari computer (bot) dapat dilakukan ribuan hingga jutaan kali sehingga dapat merubah hasil dari pemungutan suara (kuisioner) sederhana. Dengan memberikan sistem keamanan berupa CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computer and Human Apart) maka bot tidak dapat melakukan serangan karena sistem akan memberikan tantangan untuk membuktikan pengguna adalah seorang manusia atau sebuah bot. Tantangan paling mendasar dalam merancang sebuah CAPTCHA adalah membuat pengguna dengan mudah menyelesaikan namun untuk sulit untuk dipecahkan oleh komputer dengan menggunakan algoritma-algoritma yang sudah ada. Karena CAPTCHA yang banyak digunakan sekarang ini adalah CAPTCHA berbasis image, maka OCR (Optical Character Recognition) akan dapat menyelesaikan captcha berbasis image tersebut. Dengan pembuatan CAPTCHA berbasis permainan flow ini, sistem OCR ini tidak dapat menyelesaikan CAPTCHA ini karena sistem permainan flow tidak menggunakan image. Dengan menguji coba sistem kepada user, hasil dari penelitian adalah pengguna dapat menyelesaikan model CAPTCHA berbasis permainan flow dengan keberhasilan lebih dari 90% dengan waktu rata-rata kurang dari 10 detik. Dari hasil yang sudah diterima, bot belum dapat menyelesaikan CAPTCHA ini dan waktu pengguna untuk menyelesaikan tidak tergolong lama. date: 2015-02 date_type: published pages: 41 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104829, Indra Setiawan Herwanto (2015) IMPLEMENTASI PERMAINAN FLOW PADA PEMBANGUNAN SISTEM CAPTCHA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6032/1/22104829_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6032/2/22104829_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf