eprintid: 6031 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 232 dir: disk0/00/00/60/31 datestamp: 2021-10-18 01:40:30 lastmod: 2021-10-18 01:40:30 status_changed: 2021-10-18 01:40:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104822, Adrian Yulianto Kurniawan creators_id: adrian.yulianto@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Haryono, Nugroho Agus contributors_name: Setiadi, Hendro corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PERBANDINGAN ALGORITMA LIFLONG PLANNING A* DAN A* PADA GAME CEDAR WOOD CHRONICLES ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Algoritma, LPA*, Lifelong, Planning, A*, Pathfinding, Tower Defense abstract: Dewasa ini, permainan berbasis platform browser atau menggunakan media HTML5 semakin banyak dikembangkan. Salah satu genre permainan yang cukup populer adalah Tower Defense. Agar permainan dapat memberi tantangan lebih, digunakan konsep di mana musuh dapat bergerak dengan bebas di dalam map permainan, dan player harus memasang tower sebagai penghalang sekaligus penyerang. Dalam hal ini diperlukan metode agar musuh dapat menemukan jalan terdekat dengan mengimplentasikan algoritma pathfinding. Karena aksi yang dilakukan player memungkinkan berubahnya kondisi map setiap saat secara dinamis, diperlukan implementasi algoritma pathfinding yang optimal. Salah satu algoritma pathfinding yang sering digunakan adalah algoritma A*. Tingkat efisiensi pathfinding dapat dilihat dari jumlah node yang dilalui saat penghitungan pada map. Algoritma LPA*(Lifelong Planning A*) memiliki keunggulan dibandingkan algoritma A* yakni memiliki tahap untuk mengingat node pencarian dan hasil tree pencarian sebelumnya, memungkinkan algoritma LPA* ini untuk menelusuri node lebih sedikit dibanding A*. Disamping itu, algoritma LPA* memerlukan kapasitas memori lebih besar karena jumlah node yang harus disimpan ketika diimplementasikan pada banyak musuh. Hasil dari penelitian yang menggunakan 15 sampel skenario untuk diuji dengan kedua algoritma menunjukkan bahwa perbandingan algoritma LPA* dan A* mengalami penurunan efisiensi ketika diimplementasikan pada musuh bergerak dibanding melakukan pathfinding statis. Hal ini dikarenakan algoritma LPA* harus melakukan pathfinding ulang ketika searchtree hasil pencarian tidak berhasil menemukan lokasi musuh. date: 2015-02 date_type: published pages: 47 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104822, Adrian Yulianto Kurniawan (2015) PERBANDINGAN ALGORITMA LIFLONG PLANNING A* DAN A* PADA GAME CEDAR WOOD CHRONICLES. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6031/1/22104822_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/6031/2/22104822_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf