TY - THES N2 - Permainan Onet adalah salah satu jenis permainan puzzle yang cara penyelesaiannya adalah dengan mencocokkan dua buah gambar dengan syarat kedua gambar tersebut dapat dihubungkan oleh tiga buah garis yang berhubungan. Permainan ini membutuhkan kejelian mata untuk dapat menemukan gambar mana yang sesuai. Setiap gambar yang berhasil dicocokkan akan menghilang dari papan permainan. Permainan berakhir ketika pemain dapat menghilangkan semua gambar yang terdapat pada papan permainan dalam batasan waktu yang ditentukan. Algoritma A* adalah algoritma pencarian jalur yang dalam pencariannya dibimbing menggunakan metode heuristik. Nilai heuristik adalah nilai yang digunakan untuk membantu penentuan jalur terpendek yang akan diambil. Algoritma SMA* adalah salah satu variasi dari algoritma A* yang memiliki keunggulan penggunaan memori yang lebih sedikit. Dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk membandingkan penerapan algoritma A* dan algoritma SMA* pada permainan Onet. Nilai heuristik yang digunakan dalam penelitian ini dihitung menggunakan metode Manhattan Distance. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma SMA* menggunakan jumlah node yang rata-rata lebih sedikit dibandingkan dengan algoritma A*. Tetapi jalur yang dihasilkan dari implementasi algoritma SMA* lebih panjang daripada algoritma A*. TI - PERBANDINGAN ALGORITMA SMA* DAN ALGORITMA A* PADA PERMAINAN ONET Y1 - 2015/02// ID - katalog6030 A1 - 22104821, Setyawati AV - restricted M1 - skripsi PB - Universitas Kristen Duta Wacana UR - https://katalog.ukdw.ac.id/6030/ EP - 40 ER -