TY - THES N2 - Sudoku adalah sebuah permainan teka-teki angka yang berbasis logika dan memiliki banyak cara untuk penyelesaian nya. Cara yang paling sering dipakai adalah eliminasi ruang solusi. Ruang solusi yang dieliminasi adalah semua angka yang mungkin pada tiap kotak kosong. Prinsip dari algoritma backtracking adalah jika terjadi kesalahan dalam pencarian solusi pada sebuah node, maka akan dilakukan backtrack ke node sebelumnya. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah sistem yang mengimplementasikan perpaduan antara metode eliminasi dan backtracking untuk membuat dan menyelesaikan soal sudoku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa cepat proses pembuatan dan penyelesaian soal sudoku menggunakan metode backtracking dan eliminasi. Analisis sistem menunjukkan kecepatan generate dan solve berbanding lurus dengan banyak nya proses. Semakin banyak spot kosong maka proses yang dibutuhkan akan semakin lama. Hasil penelitian menunjukkan kecepatan waktu solve level hard dengan kotak kosong sebanyak 55 kotak adalah 0.484 miliseconds sedangkan proses solve level easy dengan kotak kosong sebanyak 43 kotak hanya memerlukan waktu sebanyak 0.406 miliseconds. Y1 - 2015/02// ID - katalog6021 TI - IMPLEMENTASI ALGORITMA BACKTRACKING DENGAN METODE ELIMINATION SEBAGAI GENERATOR DAN SOLVER PADA PERMAINAN SUDOKU A1 - 22084592, Sonny Eko Wibowo AV - restricted UR - https://katalog.ukdw.ac.id/6021/ KW - Backtracking KW - Sudoku KW - Generator KW - Solver KW - Elimination PB - Universitas Kristen Duta Wacana M1 - skripsi EP - 53 ER -