%L katalog5910 %D 2014 %T IMPLEMENTASI CONTRUCT 2 UNTUK PENGENALAN ABJAD, BENTUK DAN SUARA BERBASIS MOBILE %K Mobile, Edugame, Pembelajaran Abjad, Bentuk dan Suara, Construct 2 %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Dalam bidang pendidikan seorang anak dari lahir memerlukan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan disertai pemahaman mengenai karakteristik anak sesuai pertumbuhan dan perkembangannya. Dewasa ini perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, begitu juga dengan perkembangan teknologi yang digunakan untuk meningkatkan metode pembelajaran, baik itu untuk tingkat Universitas, SMA, SMP, SD bahkan untuk anak–anak usia prasekolah sekalipun. Seringkali masalah yang timbul adalah bagaimana mengemas materi pembelajaran supaya lebih mudah dimengerti dan menarik untuk dipelajari. Untuk mengemas materi pembelajaran supaya lebih mudah dimengerti dan menarik untuk dipelajari oleh anak-anak, maka penulis membangun sebuah aplikasi berbasis mobile dengan menerapkan edugame sebagai cara pembelajaran. Pada aplikasi yang dibuat, sebelum pengguna memainkan permainan yang tersedia terlebih dahulu mereka akan belajar mengenal abjad, bentuk dan suara sehingga mereka dapat mengerti dan memahami gambar-gambar yang muncul dipermainan. Construct 2 merupakan salah satu tools baru yang dapat digunakan untuk membangun suatu aplikasi berbasis mobile atau desktop. Agar aplikasi yang dibangun oleh penulis dapat berjalan dengan baik pada mobile phone maka dalam penelitian ini penulis menggunakan Construct 2 sebagai tools untuk pembangunan aplikasi pengenalan abjad, bentuk dan suara berbasis mobile %A Maryonover Nunuela 23100552