eprintid: 5864 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/58/64 datestamp: 2021-10-06 02:51:06 lastmod: 2021-10-06 02:51:06 status_changed: 2021-10-06 02:51:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104934, Brasmasti Pramudyawardani creators_id: astibramasti@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: R., Theresia Herlina corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENGEMBANGAN ADVENTURE GAME UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN USER-CENTERED DESIGN ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: elemen antarmuka, game, user-centered design, anak abstract: Penelitian ini mencoba merumuskan elemen aplikasi permainan yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi permainan dan pembelajaran untuk anak usia 4-6 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah User-centered Design. Dalam pendekatan ini dilakukan diskusi pakar, pengamatan terhadap anak dengan aplikasi permainan yang biasa dimainkan, kuisioner untuk menentukan kebutuhan aplikasi, perancangan dan evaluasi prototipe, dan pembangunan produk akhir. Pengamatan dan pengujian pada penelitian ini dilakukan di TK Ceria Demangan Baru Yogyakarta dengan responden 30 anak. Dari penelitian ini diketahui bahwa elemen visual adalah elemen yang dapat membuat aplikasi permainan menarik bagi anak. Elemen visual harus memiliki visualisasi yang lucu dan berwarna-warni. Elemen kontrol, audio, dan feedback juga merupakan elemen yang penting untuk diperhatikan untuk memudahkan anak dalam menggunakan aplikasi permainan. date: 2014-11 date_type: published pages: 71 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104934, Brasmasti Pramudyawardani (2014) PENGEMBANGAN ADVENTURE GAME UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN USER-CENTERED DESIGN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5864/1/22104934_bab1_bab5-daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5864/2/22104934_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf