eprintid: 5862 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 232 dir: disk0/00/00/58/62 datestamp: 2021-09-08 03:30:20 lastmod: 2021-09-08 03:30:20 status_changed: 2021-09-08 03:30:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22064051, Henokh Suprayogi Santoso creators_id: henokhsuprayogisantoso@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Chrismanto, Antonius Rachmat corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: OPTIMALISASI PENYELESAIAN DOT AND BOXES MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX DENGAN ALPHA BETA PRUNNING ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Dot and Boxes, Minimax, Alpha-Beta Pruning abstract: Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak muncul permainan baru maupun permainan lama yang di-repackage. Kemajuan ini tentunya membawa dampak terhadap permainan tradisional yang sekarang mulai dikembangkan menjadi game berbasis komputer. Salah satunya adalah permainan Dot and Boxes. Namun untuk menyelesaikan permasalahan game, diperlukan suatu algoritma yang efisien dari segi pemeriksaan langkah maupun dari segi waktu. UKDW Penulis mencoba melakukan perbandingan antara algoritma Minimax dengan Alpha Beta Prunning dari segi jumlah node yang di-generate dan waktu penyelesaian pada permainan Dot and Boxes. Algoritma Minimax dianggap kurang efisien dalam pemeriksaan node karena algoritma ini meng-expand semua kemungkinan langkah, sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mendapatkan langkah terbaik. Penggunaan Alpha Beta Prunning pada algoritma Minimax akan mengurangi jumlah node yang di-expand dalam menentukan langkah terbaik. Penulis juga mencoba meneliti apakah level pemeriksaan kedalaman tree berpengaruh terhadap kecerdasan komputer dalam menentukan langkah terbaik. Penggunaan Alpha-Beta Pruning pada algoritma Minimax terbukti mengoptimalkan pencarian langkah terbaik dan penambahan level pencarian dapat meningkatkan kecerdasan komputer. date: 2011-10 date_type: published pages: 68 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22064051, Henokh Suprayogi Santoso (2011) OPTIMALISASI PENYELESAIAN DOT AND BOXES MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX DENGAN ALPHA BETA PRUNNING. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5862/1/22064051_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5862/2/22064051_bab2%20-sd-%20bab4_lampiran.pdf