%0 Thesis %9 Bachelor %A 22064051, Henokh Suprayogi Santoso %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2011 %F katalog:5862 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Dot and Boxes, Minimax, Alpha-Beta Pruning %P 68 %T OPTIMALISASI PENYELESAIAN DOT AND BOXES MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX DENGAN ALPHA BETA PRUNNING %U https://katalog.ukdw.ac.id/5862/ %X Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak muncul permainan baru maupun permainan lama yang di-repackage. Kemajuan ini tentunya membawa dampak terhadap permainan tradisional yang sekarang mulai dikembangkan menjadi game berbasis komputer. Salah satunya adalah permainan Dot and Boxes. Namun untuk menyelesaikan permasalahan game, diperlukan suatu algoritma yang efisien dari segi pemeriksaan langkah maupun dari segi waktu. UKDW Penulis mencoba melakukan perbandingan antara algoritma Minimax dengan Alpha Beta Prunning dari segi jumlah node yang di-generate dan waktu penyelesaian pada permainan Dot and Boxes. Algoritma Minimax dianggap kurang efisien dalam pemeriksaan node karena algoritma ini meng-expand semua kemungkinan langkah, sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mendapatkan langkah terbaik. Penggunaan Alpha Beta Prunning pada algoritma Minimax akan mengurangi jumlah node yang di-expand dalam menentukan langkah terbaik. Penulis juga mencoba meneliti apakah level pemeriksaan kedalaman tree berpengaruh terhadap kecerdasan komputer dalam menentukan langkah terbaik. Penggunaan Alpha-Beta Pruning pada algoritma Minimax terbukti mengoptimalkan pencarian langkah terbaik dan penambahan level pencarian dapat meningkatkan kecerdasan komputer.