eprintid: 5858 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/58/58 datestamp: 2021-09-08 03:23:59 lastmod: 2021-09-08 03:23:59 status_changed: 2021-09-08 03:23:59 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104875, Evanny Christianisa creators_id: evanny_cl@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: R., Theresia Herlina corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN ispublished: pub subjects: L1 subjects: PE subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Permainan Edukasi, Goal Directed Design, Interaksi Masusia Komputer abstract: Game edukasi merupakan salah satu jenis media yang digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Pada penelitian ini, penulis membangun aplikasi pembelajaran kosakata nama hewan dan buah dalam bahasa Inggris yang ditujukan pada anak usia 4-6 tahun menggunakan metode Goal Directed Design. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan jumlah kosakata nama hewan dan nama buah dalam bahasa Inggris yang mampu diingat oleh pengguna. Goal Directed Design adalah sebuah metode yang digunakan dalam mendesain antarmuka. Dalam metode ini terdapat enam tahap, yaitu research, modeling, requirements definition, framework definition, refinement, dan support. Pada tahap research dilakukan observasi, wawancara, dan evaluasi aplikasi yang akan dibangun hasil dari research dibentuk menjadi model pengguna sebagai alat untuk mendesain antarmuka yang kemudian dianalisis sehingga menghasilkan kebutuhan yang diubah menjadi bentuk elemen antarmuka. Dan hasil tersebut digunakan sebagai basis dalam mendesain antarmuka yang akan dibangun. Dari hasil penelitian sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi dengan partisipan sebanyak 18 anak, didapatkan peningkatan sebanyak 2 pertanyaan dari 20 pertanyaan setelah partisipan menggunakan aplikasi. Hal ini menunjukkan bahwa permainan edukasi yang dibuat dapat meningkatakan jumlah kosakata nama hewan dan nama buah dalam bahasa Inggris yang mampu diingat pengguna. date: 2014-11 date_type: published pages: 60 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104875, Evanny Christianisa (2014) GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5858/1/22104875_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5858/2/22104875_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf