%A Evanny Christianisa 22104875 %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Game edukasi merupakan salah satu jenis media yang digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Pada penelitian ini, penulis membangun aplikasi pembelajaran kosakata nama hewan dan buah dalam bahasa Inggris yang ditujukan pada anak usia 4-6 tahun menggunakan metode Goal Directed Design. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan jumlah kosakata nama hewan dan nama buah dalam bahasa Inggris yang mampu diingat oleh pengguna. Goal Directed Design adalah sebuah metode yang digunakan dalam mendesain antarmuka. Dalam metode ini terdapat enam tahap, yaitu research, modeling, requirements definition, framework definition, refinement, dan support. Pada tahap research dilakukan observasi, wawancara, dan evaluasi aplikasi yang akan dibangun hasil dari research dibentuk menjadi model pengguna sebagai alat untuk mendesain antarmuka yang kemudian dianalisis sehingga menghasilkan kebutuhan yang diubah menjadi bentuk elemen antarmuka. Dan hasil tersebut digunakan sebagai basis dalam mendesain antarmuka yang akan dibangun. Dari hasil penelitian sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi dengan partisipan sebanyak 18 anak, didapatkan peningkatan sebanyak 2 pertanyaan dari 20 pertanyaan setelah partisipan menggunakan aplikasi. Hal ini menunjukkan bahwa permainan edukasi yang dibuat dapat meningkatakan jumlah kosakata nama hewan dan nama buah dalam bahasa Inggris yang mampu diingat pengguna. %D 2014 %L katalog5858 %T GAME EDUKASI BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE GOAL DIRECTED DESIGN %K Permainan Edukasi, Goal Directed Design, Interaksi Masusia Komputer