TY - THES AV - restricted ID - katalog5850 M1 - skripsi KW - Pengrajin KW - e-commerce KW - webqual KW - t-test N2 - Penggunaan teknologi informasi khususnya e-commerce sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan yang bersekala besar maupun kecil untuk memperluas pangsa pasarnya. Namun, masih banyak perusahaan yang belum memanfaatkan e-commerce dalam proses pendistribusian barang, promosi, dan penjualan yang mengakibatkan perusahaan tersebut mengalami kesulitan dalam pendistribusian hasil produksi, dan cakupan pangsa pasarnya masih sangat terbatas. Hal tersebut juga terjadi pada sektor usaha kerajinan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0 yang terdiri dari empat dimensi, diantaranya Usability , information quality, service interaction, dan Overall impression. Data kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada sampel penelitian dengan menggunakan skala Linkert, sedangkan data kualitatif diperoleh dari proses wawancara dengan pengrajin yang telah menjadi sampel penelitian di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis hipotesis deskriptif dengan uji asumsi/prasyarat Chi Square. Untuk menguji hipotesis deskriptif dari data yang diperoleh menggunakan t-test. Penilaian keseluruhan pada website e-commerce pangrajin dengan uji t menunjukkan t-hitung (-3,25) lebih kecil dari t-tabel (-1,99) dengan taraf kesalahan (?) = 5%, sehingga Ho ditolak (H1 diterima). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas website pengrajin di provinsi Yogyakarta masih termasuk kategori masih kurang baik, walaupun penerapan ecommerce memberikan manfaat yang sangat besar bagi pengrajin di Daerah Istimewa Yogyakarta. EP - 104 UR - https://katalog.ukdw.ac.id/5850/ TI - KAJIAN PENERAPAN E-COMMERCE PADA USAHA KERAJINAN DAN SOUVENIR DI PROVINSI YOGYAKARTA Y1 - 2014/11// PB - Universitas Kristen Duta Wacana A1 - 22094809, I Putu Budi Astawa ER -