%0 Thesis %9 Bachelor %A 22104977, Rico Revianto Lemba %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2014 %F katalog:5807 %I Universitas Kristen Duta Wacana %P 64 %T PENERAPAN BEHAVIOR TREE DAN GOAL ORIENTED ACTION PLANNING DALAM PERMAINAN ACTION KOOPERATIF %U https://katalog.ukdw.ac.id/5807/ %X Seiring perkembangan industri game, tingkat kompleksitas suatu video game semakin meningkat, salah satunya adalah kualitas agen cerdas dari sebuah game. Perilaku agen cerdas yang natural dan tidak mudah ditebak dapat meningkatkan replay value dari game serta membuat game menjadi lebih menarik. Dalam perancangan sistem ini, penulis akan menggunakan Behavior Tree dan Goal Oriented Action Planning untuk membuat agen cerdas dalam sebuah game action kooperatif. Behavior Tree akan digunakan sebagai fondasi dasar dan arsitektur dasar untuk merancang perilaku agen cerdas sedangkan Goal Oriented Action Planning digunakan sebagai sistem planning. Sistem yang dibangun mampu menghasilkan agen cerdas yang cukup handal hanya dengan menggunakan struktur Behavior Tree yang sederhana, sementara itu pengimplementasian GOAP mampu menghasilkan Behavior Tree yang lebih sederhana. %Z agen cerdas, AI, Flash, AS3, Behavior Tree, GOAP.