eprintid: 5805 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/58/05 datestamp: 2021-09-08 03:05:09 lastmod: 2021-09-08 03:05:09 status_changed: 2021-09-08 03:05:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104941, Yosaphat Carlo Wardhana creators_id: carlo.wardhana@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwanto, Erick contributors_name: Raharjo, Willy Sudiarto corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI VIRTUAL R EALITY DENGAN FINGERTIP TRACKING UNTUK PERMAINAN 'PONG' ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Permainan video merupakan salah satu jenis permainan yang diminati pada masa kini, terutama di kalangan remaja. Beberapa permainan lama sudah banyak yang ditinggalkan dikarenakan memiliki gameplay yang ‘kalah’ bila dibandingkan permainan-permainan yang lebih baru. Untuk menangani hal itu, akan lebih baik bila permainan-permainan lama itu dikembangkan dengan menggabungkan metode baru. Untuk mengatasi masalah di atas, penulis menggabungkan sebuah permainan lama, Pong, dnegan metode virtual reality sederhana sebagai pengembangan gameplay. Paddle Pong akan diganti dengan menggunakan input dari tangan pemain yang ditangkap melalui webcam. Citra tangan tersebut kemudian akan diproses untuk perhitungan serta pergerakan paddle. Pengembangan menggunakan algoritma segmentasi, distance transform, dan Euclidean distance menghasilkan deteksi ujung jari yang cukup akurat namun memiliki beberapa kondisi ideal dalam jarak tangan dengan webcam, kondisi ruangan, serta cahaya. Pada sistem ini hanya satu ujung jari yang dapat dideteksi menggunakan 3 algoritma itu. date: 2014-07 date_type: published pages: 46 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104941, Yosaphat Carlo Wardhana (2014) IMPLEMENTASI VIRTUAL R EALITY DENGAN FINGERTIP TRACKING UNTUK PERMAINAN 'PONG'. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5805/1/22104941_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5805/2/22104941_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf