%X Dalam skripsi ini penulis mengimplementasikan metode User Centered Design untuk membangun aplikasi pembelajaran dengan materi VLAN & Inter-VLAN Routing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi pembelajaran dengan desain yang baik, sehingga membuat user tertarik dalam proses belajar dan memudahkan user untuk memahami materi. Selama melakukan penelitian, penulis melakukan pengumpulan data kebutuhan applikasi dari partisipan pelajar SMK dan mahasiswa untuk merancang applikasi pembelajaran. Setelah applikasi pembelajaran dirancang, penulis kemudian melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah aplikasi yang dirancang sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau belum. Beberapa feedback yang diberikan oleh partisipan kembali diimplementasikan ke interface aplikasi pembelajaran. Selain itu, penulis juga melakukan uji hipotesis untuk mengetahui apakah aplikasi yang dirancang telah meningkatkan pemahaman belajar bagi pengguna atau tidak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan aplikasi pembelajaran VLAN & Inter-VLAN Routing dapat meningkatkan pemahaman materi. %A Anthonio Febrianto Patulak 22104884 %K aplikasi pembelajaran, UCD, VLAN, Inter-VLAN Routing, interaksi manusia dan komputer %T IMPLEMENTASI METODE USER CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN VLAN & INTER-VLAN ROUTING %I Universitas Kristen Duta Wacana %L katalog5803 %D 2014