eprintid: 5786 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/57/86 datestamp: 2021-09-08 03:00:42 lastmod: 2021-09-08 03:00:42 status_changed: 2021-09-08 03:00:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22104861, Kiki Anastasia Endah Dewi creators_id: anstasia.kiki92@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: Haryono, Nugroho Agus corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA HPA STAR PADA PERMAINAN BOMBERMAN ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: HPA*, A*, graph, cluster abstract: Algoritma pathfinding ada berbagai macam, antara lain algoritma A*, Iterative Depending A* (IDA*) dan HPA*. Dalam penelitian ini algoritma pathfinding yang digunakan adalah algoritma HPA*. HPA* merupakan hasil pengembangan algoritma A* memiliki keunggulan lebih cepat 10 kali dan penggunaan memori yang lebih efisien dibandingkan dengan A* serta bekerja dengan baik pada lingkungan atau keadaan peta yang berubah secara dinamis. Dalam penelitian ini, dibuat aplikasi permainan bomberman dengan implementasi algoritma HPA*. Implementasi HPA* dilakukan pada AI musuh pada permainan bomberman. Untuk dapat mengimplementasikan algoritma HPA* perlu dibuat graph abstrak terlebih dahulu pada tiap peta permainan billiard. Penentuan posisi node gerbang tersebut dilakukan berdasarkan ukuran cluster yang digunakan, dan posisi yang bebas dari obstacle. Setelah abstract graph berhasil dibuat, AI musuh akan mencari jalan berdasarkan abstract graph yang sudah dibuat untuk mencapai tujuan. Hasil dari penelitian ini, implementasi HPA* pada permainan bomberman dapat dilakukan namun terdapat kekurangan. Selain itu, implementasi HPA* dengan ukuran cluster yang berbeda juga memberi beberapa pengaruh berdasarkan peta yang digunakan. date: 2014-07 date_type: published pages: 41 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22104861, Kiki Anastasia Endah Dewi (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA HPA STAR PADA PERMAINAN BOMBERMAN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5786/1/22104861_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5786/2/22104861_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf