%L katalog5782 %I Universitas Kristen Duta Wacana %D 2014 %T IMPLEMENTASI ALGORITMA MINKOWSKI UNTUK DETEKSI TUMBUKAN PADA GAME BALAP MOBIL %K animasi, deteksi tumbukan, minkowski %A Dheri Halimsaputra 22104839 %X Dalam animasi dan permainan saat ini masih ada kekurangan dalam mendeteksi tumbukan. Masih banyak permainan yang lebih menonjolkan sisi tampilan grafis tetapi tidak mengutamakan sisi nyata dari animasi dan presisi tumbukan, sehingga dengan algoritma Minkowski diharapkan memiliki presisi lebih baik dalam mendeteksi tumbukan. Metode-metode ini dapat mendeteksi tumbukan dengan lebih akurat. Pada algoritma Minkowski mengambil setiap titik terluar dari objek, jadi boundary yang dihasilkan tidak berbentuk persegi yang mengelilingi objek tersebut. Hal ini yang menjadikan metode ini dapat mendeteksi tumbukan setiap bentuk poligon konveks yang diujikan, sehingga metode ini menjadikan deteksi tumbukan lebih akurat. Metode ini tidak membatasi jumlah titik pada poligon yang diuji, jumlah titik mulai dari segi-2 (garis) hingga segi-n yang membentuk sebuah lingkaran. Hasil dari penelitian ini, mendeteksi tumbukan dengan akurat untuk poligon konveks, karena mobil dibentuk dengan poligon konveks maka dapat diterapkan dalam berbagai bentuk permainan balap mobil dengan tampilan 2D.