<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KLASIFIKASI SENTIMEN PEMBELI BERDASARKAN LAYANAN SMS “SUARA KONSUMEN” TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN METODE K-NN"^^ . "Layanan “SUARA KONSUMEN” dibuat produsen dengan tujuan untuk dapat mendapatkan saran, kritik, maupun pengaduan terhadap produk dari produsen. Layanan ini juga adalah salah satu cara mempermudah produsen tersebut dapat mengetahui secara langsung bagaimana sentimen pelanggan terhadap produk yang\r\ndikeluarkan oleh produsen dengan mengetahui jumlah komentar negatif dan komentar positif, namun terbatas jumlahnya karakter dalam SMS menjadi masalah yang utama karena akan menyebabkan harus penggunaan kata-kata dan struktur yang ringkas namun padat dan jelas dalam menyampaikan isi dan maksud dari pengirim SMS. Penelitian ini akan diteliti bagaimana mengklasifikasikan SMS yang menggunakan struktur dan kata-kata yang terbatas untuk mendapatkan sentimen dari sebuah layanan SMS “Suara Konsumen” melalui pendekatan text mining. Penelitian ini menggunakan Algoritma K-NN dalam melakukan klasifikasi, selain Algoritma KNN penelitian ini akan membobotan kata menggunakan metode TF-IDF, Feature Selection dalam pemilihan kata-kata juga Cosine Similiarity dalam mengukur tingkat kedekatan antar dokumen. Dalam menentukan keberhasilan, diukur tingkat akurasi dari dokumen yang dilakukan percobaan dan hasilnya sangat akurat dengan nilai rata-rata akurasi sebesar 89% pada variasi nilai K dan Feature Selection. Nilai akurasi pada sistem klasifikasi sentimen SMS optimal pada K = 3 dan K = 7 yaitu 90% dan dengan error rate dibawah 10%."^^ . "2014-07" . . . . "Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . "Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . . . . . . . . . "Budi"^^ . "Susanto"^^ . "Budi Susanto"^^ . . "Lukas"^^ . "Chrisantyo"^^ . "Lukas Chrisantyo"^^ . . "David Addiwijaya Hanz"^^ . "22094686"^^ . "David Addiwijaya Hanz 22094686"^^ . . "Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . . . . . "KLASIFIKASI SENTIMEN PEMBELI BERDASARKAN LAYANAN SMS “SUARA KONSUMEN” TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN METODE K-NN (Text)"^^ . . . "22094686_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf"^^ . . . "KLASIFIKASI SENTIMEN PEMBELI BERDASARKAN LAYANAN SMS “SUARA KONSUMEN” TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN METODE K-NN (Text)"^^ . . . "KLASIFIKASI SENTIMEN PEMBELI BERDASARKAN LAYANAN SMS “SUARA KONSUMEN” TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN METODE K-NN (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KLASIFIKASI SENTIMEN PEMBELI BERDASARKAN LAYANAN SMS “SUARA KONSUMEN” TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN METODE K-NN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #5756 \n\nKLASIFIKASI SENTIMEN PEMBELI BERDASARKAN LAYANAN SMS “SUARA KONSUMEN” TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN METODE K-NN\n\n" . "text/html" . . . "QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer"@id . . . "QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer"@id . . . "ZA Sumber-sumber Informasi"@id . .