<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "FENOMENA KUTUK/BERKAT DI RUMAH NAOMI:\r\nHERMENEUTIK ETNOFENOMENOLOGI ATOIN METO DI BOTI\r\nATAS KITAB RUT 1:1-6"^^ . "Teori hermeneutik dengan orientasi ‘dua cakrawala’ budaya (Text/Author dan Interpreter)\r\nhasil temuan Gadamer yang dipopulerkan oleh Thiselton (Anthony C. Thiselton: 1980, 16,\r\n25) sudah mendapat kritikan tajam dari beberapa pihak. Salah satu di antaranya adalah Larry\r\nCaldwell. Ia menilai bahwa para penafsir barat dan penafsir dunia ketiga yang sempat\r\nmengenyam pendidikan barat sangat dipengaruhi oleh teori hermeneutik ‘dua cakrawala’\r\nyang menonjolkan metode kritik sejarah. Padahal metode kritik sejarah sangat dipengaruhi\r\noleh budaya barat. Alhasil, para penafsir tersebut tidak cukup memberikan perhatian kepada\r\nbudaya penerima (Receptor) di dunia ketiga. Ia melakukan evaluasi terhadap teori ‘dua\r\ncakrawala’ dengan mencetuskan teori hermeneutik ‘tiga cakrawala budaya’ dan menekankan\r\nbahwa tugas hermeneutik, yakni melakukan fusi dari budaya teks, budaya penafsir/penginjil,\r\ndan budaya penerima di dunia ketiga. Karena metode kritik sejarah dipengaruhi oleh\r\npemikiran barat maka Caldwell mengusulkan metode ethnohermeneutics sebagai pengganti\r\nmetode kritik sejarah [Larry Caldwell: AJT/1:2, 1987, pp. 314-333; Larry Caldwell,\r\nPhronesis: vol. 3, No. 1, 1996, pp. 13-36].\r\nDalam disertasi ini teori ‘dua cakrawala’ Thiselton dan ‘tiga cakrawala budaya’\r\nCaldwell dievaluasi antara lain karena keduanya secara bersama masih menempatkan kaum\r\nawam sebagai obyek dari karya penafsiran. Kaum awam dianggap tidak mempunyai\r\nkapasitas untuk berjumpa langsung dengan teks. Disertasi ini menawarkan dua komponen\r\nutama dalam karya penafsiran, yakni Teks dan Pembaca (Text and Reader). Pembaca dalam\r\nhal ini mencakup penafsir (Interpreter) dan penerima (Receptor). Keduanya berkolaborasi\r\npada kegiatan membaca teks Alkitab dalam wadah Communal Bible Reading atau\r\nCollaborative Reading of the Bible (CBR/CRB). Dalam wadah itu, penafsir dan penerima\r\nmenurut kategori Caldwell, mempunyai status yang setara sebagai pembaca (Readers)\r\ndengan kapasitas berbeda tetapi saling mengisi bagi lahirnya sebuah karya tafsir yang benarbenar\r\nkontekstual, yaitu tafsiran yang menjawab kebutuhan konteks masa kini.\r\nParadigma yang digunakan adalah paradigma post-moderen. Dan perspektif yang\r\ndpakai adalah ‘tanggapan pembaca’ (Reader-response) tetapi bukan menurut model Fish\r\nyang melulu berorientasi pada pembaca (readers oriented) melainkan model Iser yang\r\nmempertimbangkan peranan teks dan pembaca (text-readers oriented) serta komunikasi\r\ntimbal balik di antara keduanya dalam rangka mengonstruksi makna teks. Konsep yang\r\nditawarkan adalah ‘hermeneutik etnofenomenologi’ yang merupakan penggabungan antara etnohermeneutik (Caldwell) dan fenomenologi (Husserl). Heremeneutik etnofenomenologi\r\nmencari metode tafsir dari suku yang bersangkutan dan pengalaman keagamaan tiap individu\r\nanggota komunitas suku ikut disumbangkan untuk memperkaya pemahaman terhadap teks.\r\nHasilnya, dalam menanggapi teks, warga suku Atoni menggunakan metode naketi,\r\nsuatu metode yang biasa mereka pergunakan untuk menafsir fenomena alam dalam hidup\r\nsehari-hari. Dengan metode naketi mereka menemukan bahwa krisis berkepanjangan dan\r\nintensif yang menimpa Israel pada umumnya (kelaparan) dan keluarga Naomi pada\r\nkhususnya (kematian bertubi-tubi pada laki-laki dan kemandulan) [ayat 1-5] merupakan\r\nfenomena kutuk oleh sebab pelanggaran hukum adat tanah. Sedangkan kelimpahan makanan\r\n[ayat 6] merupakan fenomena berkat. Warga suku Atoni membaca teks suci dari perspektif\r\nkutuk/berkat. Analisis fenomenologis atas struktur kesadaran religius pembaca membuktikan\r\nbahwa ideologi kutuk/berkat menyangkut tanah sangat berpengaruh ketika mereka membaca\r\nRut 1:1-6. Ideologi kutuk/berkat bersumber dari ajaran agama suku dan agama Kristen serta\r\ndidukung oleh pengalaman-pengalaman hidup tiap individu dalam masyarakat Atoni di Boti.\r\nApropriasi teks ke dalam konteks suku Atoni imelahirkan komitmen-komitmen terkait\r\npemeliharaan atas tanah mencakup komitmen untuk: menghormati hak milik orang atas\r\ntanah, mendorong minat kembali ke desa untuk mengolah tanah, memanfaatkan tanah-tanah\r\nkosong yang belum digarap,melaksanakan program menanam air (Planting Water), menjaga\r\nkelestarian alam dengan menanam pohon, menghentikan penjualan tanah, mencegah\r\npengambilalihan tanah warga oleh pihak lain, memperjelas batas-batas dan status tanah,\r\nmensoalisasikan UU Pokok Agraria supaya orang tahu akan hak/kewajiban, dan\r\nmenyadarkan masyarakat tentang baik/buruknya menjadi TKI/TKW di luar negeri.\r\nDisertasi ini membuahkan tiga butir rekomendasi: (1) Sudah saatnya teori penafsiran teks\r\nAlkitab yang mengabaikan peran kaum awam ditinjau kembali. (2) Para penafsir terdidik\r\nperlu membiasakan diri membaca teks Alkitab bersama jemaat dan menghindari kebiasan\r\nmembaca teks Alkitab bagi jemaat. (3) Membaca Alkitab bersama antara teolog terdidik dan\r\nkaum awam harus diarahkan kepada tujuan mulia, yakni transformasi diri dan sosial.***"^^ . "2017-11" . . . . "Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . "Doktor Teologi, Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . . . . . . . . . "Robert"^^ . "Setio"^^ . "Robert Setio"^^ . . "Emanuel Gerrit"^^ . "Singgih"^^ . "Emanuel Gerrit Singgih"^^ . . "Welfrid Fini Ruku"^^ . ""^^ . "Welfrid Fini Ruku "^^ . . "Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . . . . . "FENOMENA KUTUK/BERKAT DI RUMAH NAOMI:\r\nHERMENEUTIK ETNOFENOMENOLOGI ATOIN METO DI BOTI\r\nATAS KITAB RUT 1:1-6 (Text)"^^ . . . "57110007_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf"^^ . . . "FENOMENA KUTUK/BERKAT DI RUMAH NAOMI:\r\nHERMENEUTIK ETNOFENOMENOLOGI ATOIN METO DI BOTI\r\nATAS KITAB RUT 1:1-6 (Text)"^^ . . . "FENOMENA KUTUK/BERKAT DI RUMAH NAOMI:\r\nHERMENEUTIK ETNOFENOMENOLOGI ATOIN METO DI BOTI\r\nATAS KITAB RUT 1:1-6 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "FENOMENA KUTUK/BERKAT DI RUMAH NAOMI:\r\nHERMENEUTIK ETNOFENOMENOLOGI ATOIN METO DI BOTI\r\nATAS KITAB RUT 1:1-6 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #5737 \n\nFENOMENA KUTUK/BERKAT DI RUMAH NAOMI: \nHERMENEUTIK ETNOFENOMENOLOGI ATOIN METO DI BOTI \nATAS KITAB RUT 1:1-6\n\n" . "text/html" . . . "BR Kekristenan"@id . . . "BS Alkitab"@id . .