%L katalog5727 %D 2014 %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Bahasa merupakan salah satu penghubung penting dalam sebuah interaksi sosial untuk menyampaikan informasi. Bahasa tidak hanya disampaikan melalui suara, tapi bahasa juga dapat disampaikan melalui gerak tubuh dan tangan untuk menyatakan maksud dan tujuan. Bahasa yang disampaikan lewat gerakan tangan atau tubuh disebut juga bahasa isyaat. Bahasa isyarat sebagian besar hanya digunakan oleh penyandang Tunarungu dan Tunawicara, hampir kebanyakan orang normal (bukan penyadang Tunarungu/wicara) belum mampu menguasai bahasa isyarat secara fasih. Hal tersebut menjadi sebuah penghambat terbesar dalam menjalin hubungan social antara orang normal dan penyandang Tunarungu/Tunawicara itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran untuk membantu setiap orang memahami dan mengenal apa itu bahasa isyarat. Media pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan informasi lebih banyak mengenai bahasa isyarat itu sendiri agar pengetahuan setiap orang tentang bahasa isyarat dapat berkembang dan mampu mengatasi kesenjangan sosial antara orang normal dan penyandang Tunarungu/Tunawicara. Mengingat maslah di atas penulis mencoba membuat sebuah aplikasi pembelajaran bahasa isyarat yang nantinya dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. %A Melky Radja 22084601 %T PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) %K Tunarunggu, Tunawicara, Aplikasi Pembelajaran