%T IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN USER EXPERIENCE PADA SITUS KACAMATA ONLINE BERBASIS AUGMENTED REALITY %K sistem pengukuran user experience, toko online, augmented reality %X Implementasi Sistem Pengukuran User Experience pada Situs Kacamata Online Berbasis Augmented Reality Toko online merupakan media perdagangan yang sangat memudahkan kegiatan bertransaksi. Tetapi seringkali muncul masalah karena pembeli tidak dapat mencoba barang yang akan dibeli secara langsung sehingga menjadi ragu. Augmented Reality bisa menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut. Augmented Reality sendiri telah dianggap meningkatkan user experience Untuk mengukur user experience diperlukan metrik-metrik pengukuran pengukuran user experience. Pengambilan data secara biasa (langsung kepada user) menggunakan metode menulis manual seperti survei dan kuisioner akan menyebabkan kesusahan dari kedua pihak baik pengguna dan penulis. Pengambilan data lebih efektif adalah dengan mengunakan metode pengambilan data otomatis secara online menggunakan sebuah perangkat lunak penguji yang terintegrasi dengan sistem yang akan di uji, karena pengguna cukup menggunakan sistem dan secara otomatis perangkat lunak penguji merekam semua data yang dibutuhkan untuk penelitian. Maka dari itu, sistem pengukuran user experience akan dirancang dan diimplementasikan pada toko kacamata online untuk mengetahui seberapa efektif augmented reality pada toko kacamata online untuk meningkatkan user experience. Berdasar hasil penelitian ini, sistem yang dibangun mampu mengukur peningkatan user experience yaitu tingkat kesuksesan 25% pada checkout, 20% pada registrasi, peningkatan penggunaan waktu, peningkatan efisiensi (menurunnya lostness) 0.04 (dari 0.95 menjadi 0.91). Sistem juga mampu penurunan user experience yaitu pada tingkat kesuksesan membandingkan produk dan mengevaluasi produk yang sama, sehingga dapat mengetahui letak masalahnya. %A Quincy Putu Zokino Marissie 22074327 %D 2014 %L katalog5706 %I Universitas Kristen Duta Wacana