eprintid: 5701 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/57/01 datestamp: 2021-09-01 02:41:26 lastmod: 2021-09-01 02:41:26 status_changed: 2021-09-01 02:41:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22074273, Nicolas Novendra Sadharmawan creators_id: ninos_aksel@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Delima, Rosa contributors_name: Karel, Junius corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA A* PADA PENYELESAIAN PERMAINAN USER COSTUMIZED MAZE ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: maze, pathfinding, heuristic, algoritma A*. abstract: Permainan maze atau labirin adalah permainan puzzle yang memiliki jalur-jalur yang bercabang dan mengharuskan pemain untuk mencari rute yang benar dari jalur-jalur ini untuk dapat mencapai target. Dewasa ini, permainan maze tersebut banyak diadaptasi menjadi permainan digital (game). Pada permainan maze di komputer, pemain akan mencari jalur untuk mencapai target tertentu. User Costumized Maze yang dibuat penulis merupakan salah satu contoh permainan maze yang meminta pemain untuk merancang kembali map maze yang digunakan dalam permainan. Agen cerdas dalam permainan ini akan mencoba mencari jalan keluar pada map maze yang telah dimodifikasi tersebut. Selain itu User Costumized Maze yang dibuat penulis, memungkinkan agen cerdas untuk memiliki lebih dari satu jenis tujuan (goal). Dengan kata lain, agen cerdas dalam permainan ini harus bisa memenuhi multi kriteria goal yang diberikan. Penyelesaian maze yang sudah dimodifikasi oleh pemain, dilakukan komputer dengan mencari jalur terpendek menuju target secepat mungkin dengan score sebanyak mungkin. Salah satu algoritma yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permainan maze ini adalah algoritma A*. Algoritma A* merupakan salah satu algoritma pencarian yang menggunakan heursitik sebagai pedoman pencarian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan algoritma A* dalam menyelesaikan permainan User Costumized Maze. Dalam penelitian ini, penulis membangun sebuah permainan dengan mengimplementasikan algoritma A* dan mengembangkan nilai heuristiknya, agar dapat digunakan untuk menyelesaikan permainan User Costumized Maze. Melalui proses evaluasi yang dilakukan penulis terhadap sistem yang dibangun, dapat diambil kesimpulan bahwa algoritma A* yang telah diimplementasikan, dapat digunakan dalam menyelesaikan permainan User Costumized Maze. date: 2014-07 date_type: published pages: 56 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22074273, Nicolas Novendra Sadharmawan (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* PADA PENYELESAIAN PERMAINAN USER COSTUMIZED MAZE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5701/2/22074273_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5701/1/22074273%20_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf