%T ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA BANDARA INTERNASIONAL ADI SUCIPTO YOGYAKARTA (STUDI PADA CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA) %K Tangibles (bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan) , Assurance (jaminan), Emphaty (empati) dan kepuasan konsumen %L katalog5587 %D 2014 %A Kristian Rahardi Broto 11104866 %X Penelitian ini menguji pengaruh komponen variabel yang terdiri dari Tangibles (bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan) , Assurance (jaminan), Emphaty (empati) terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dipilih dengan purposive sampling dengan kriteria masyarakat yang pernah menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebagai responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat lima hipotesis yang didapat yaitu: pertama, diduga bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, kedua, diduga kehandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, ketiga, diduga daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, keempat, diduga jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, kelima, diduga empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat statistik regresi linear beganda. Hasil analisis statistik menunjukan bahwa dari lima komponen variabel hanya terdapat satu komponen variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta yaitu kehandalan, sedangkan empat komponen yang lain yaitu bukti fisik, ketanggapan, jaminan dan empati berpengaruh signifikan. Dapat disimpulkan bahwa bukti fisik, ketanggapan, jaminan dan empati mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta %I Universitas Kristen Duta Wacana