TY - THES ID - katalog5551 Y1 - 2014/11// AV - restricted A1 - 50110309, Tifany Fergie Tombokan M1 - masters KW - Pendekatan Pluralisme Agama KW - Kurikulum Anak Sekolah Minggu di GMIM KW - Keramahtamahan KW - Perangkulan PB - Universitas Kristen Duta Wacana TI - KURIKULUM PLURALISME AGAMA BERWAWASAN KERAMAHTAMAHAN DAN PERANGKULAN BAGI ANAK SEKOLAH MINGGU DI GEREJA MASEHI INJIL DI MINAHASA N2 - Salah satu upaya kreatif berhadapan dengan konteks keberagaman agama serta potensi konflik yang dibawanya ialah dengan menerapkan pendekatan yang sesuai. Pendekatan pluralisme agama menjadi pendekatan yang sesuai dengan konteks keberagaman agama. Pendekatan ini mengafirmasi adanya kemajemukan agama dan menghargai kemajemukan tersebut. Pendekatan pluralisme agama memberi ruang bagi agama-agama untuk saling mengenal dan bekerjasama. Di satu sisi ia menunjukkan keterbukaan, namun di sisi lain ia teguh memegang komitmen. Seberapa jauh gereja mampu menyikapi kemajemukan secara positif, salah satunya ditentukan oleh seberapa jauh kurikulum gereja melalui lima aspek kehidupannya, yakni koinonia, liturgia, kerygma, didakhe dan diakonia-nya mengakomodir pendekatan pluralisme. Hal demikian mengantar pada pemeriksaan kurikulum gereja, secara khusus kurikulum anak sekolah minggu di GMIM. Keramahtamahan dan perangkulan menjadi pintu masuk ke dalam pendekatan pluralisme agama. Gagasan yang berasal dari tradisi kristiani ini mendorong relasi yang sederajat dan mutualis (saling) melalui nilai-nilai yang ditawarkannya yakni menyediakan ruang bagi yang lain dan menjadi rentan. Yang perlu dilakukan selanjutnya ialah operasionalisasi dua gagasan tersebut ke dalam komponen kurikulum anak GMIM. Operasionalisasi gagasan tersebut meliputi penetapan tujuan, pengorganisasian isi atau materi kurikulum, meliputi: tema, pemanfaatan/pembacaan bahan Alkitab dalam bingkai keramahtamahan dan perangkulan, mengaitkan kurikulum anak dengan kurikulum gereja, serta penggunaan metode yang memadai. EP - 81 UR - https://katalog.ukdw.ac.id/5551/ ER -