eprintid: 5534 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 232 dir: disk0/00/00/55/34 datestamp: 2021-08-27 02:23:21 lastmod: 2021-08-27 02:23:21 status_changed: 2021-08-27 02:23:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22064073, Fiona Vitaria Tambunan creators_id: v_ona2006@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Santosa, R. Gunawan contributors_name: Purwadi, Joko corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: VISUALISASI LANGKAH PERMAINAN MENARA HANOI DENGAN ALGORITMA BACKTRACKING ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Menara Hanoi, Algoritma Backtracking, Solusi abstract: Permainan Menara Hanoi merupakan permainan matematika atau teka-teki yang biasa digunakan sebagai permainan edukasi. Permainan ini terdiri dari 3 atau 4 tiang dan sejumlah piringan dengan ukuran yang berbeda yang bisa dimasukkan ke tiang mana saja. Permasalahan permainan ini yaitu memindahkan seluruh piringan dari satu tiang ke tiang yang lain dengan mengikuti beberapa aturan tertentu dan menyelesaikan permainan dengan solusi yang didapatkan dari algoritma backtracking. Penerapan algoritma backtracking digunakan untuk menyelesaikan permasalahan permainan Menara Hanoi baik dalam bentuk visualisasi. Ada 5 level permainan yang akan dimainkan dalam permainan Menara Hanoi ini yaitu level permainan 3 tiang dengan 3-4 piringan, serta level permainan 4 tiang dengan 3-5 piringan. Setiap level permainan dapat diselesaikan oleh sistem dengan memberikan langkah terbaik yang merupakan hasil dari proses pencarian solusi. Penerapan algoritma backtracking pada setiap level permainan yang disebutkan di atas berhasil menemukan solusi permainan 100%. Pada level permainan dengan jumlah piringan yang lebih banyak, solusi permainan tidak dapat diselesaikan 100% karena semakin luas level pencariannya, semakin banyak node yang dikembangkan saat proses pencarian, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses tersebut. Jika proses tersebut tidak selesai dalam jangka waktu yang ditetapkan maka dianggap tidak dapat menyelesaikan solusi. date: 2013-11 date_type: published pages: 57 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22064073, Fiona Vitaria Tambunan (2013) VISUALISASI LANGKAH PERMAINAN MENARA HANOI DENGAN ALGORITMA BACKTRACKING. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5534/1/22064073_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5534/2/22064073_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf