@phdthesis{katalog5492, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, year = {2014}, author = {Okky Iswanto 11104914}, title = {ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL AQUA (STUSI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA )}, month = {July}, abstract = {Penelitian dengan judul ? Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Air Mineral Aqua (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana)? untuk membahas permasalahan tentang (1) Apakah terdapat pengaruh faktor harga terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (2) Apakah terdapat pengaruh faktor kualitas terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (3) Apakah terdapat pengaruh faktor merek terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (4) Apakah terdapat pengaruh faktor promosi terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. Tujuan membahas permasalahan ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh merek terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (4) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) Diduga harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (2) Diduga kualitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (3) Diduga merk berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. (4) Diduga promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman air mineral Aqua. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dimana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah warga kota Yogyakarta yang pernah membeli produk air mineral Aqua. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Selanjutnya dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 3,830 - 0,191 X1 + 0,286 X2 + 0,341 X3 + 0,431 X4. Diketahui konstanta negatif hal ini berarti bahwa apabila harga dinaikan sedangkan faktor-faktor lainnya tetap maka akan menurunkan keputusan pembelian konsumen terhadap air mineral aqua serta kualitas ,citra merek ,dan promosi bernilai positif ini berarti harga, kualitas, merek, dan promosi mempunyai pengaruh yang searah terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F diketahui bahwa nilai F hitung (34.961). Hal ini berarti bahwa harga, kualitas, merek, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji t yang dilakukan diketahui bahwa besarnya nilai t hitung variabel harga (-2.154), kualitas (3.237), merek (4.111), promosi (4.721) . Hal ini berarti bahwa harga, kualitas, merek, dan promosi memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian aqua. Sedangkan dari hasil uji koefisien determinasi diketahui nilai koefisien determinasi (R)2 0,595 dan nilai koefisien determinasi yang telah disesuaikan (adjusted R square) adalah sebesar 0,578. Hal ini berarti bahwa 57,8 \% keputusan pembelian minuman air mineral Aqua dipengaruhi oleh variabel harga, kualitas, merek,dan promosi sedangkan sisanya yaitu sebesar 42,2\% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian}, keywords = {Tidak Ada}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/5492/} }