eprintid: 5440 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/54/40 datestamp: 2021-06-11 03:05:38 lastmod: 2021-06-11 03:05:38 status_changed: 2021-06-11 03:05:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 24060028, Sabrina Utami creators_id: sabrina.daniella88@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Darsono, Puspitasari corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: SARANA EDUKASI UNTUK MENGENAL DIRI SENDIRI DENGAN METODE SATIR ispublished: pub subjects: BF subjects: H1 subjects: L1 divisions: pro_desa full_text_status: restricted keywords: Tidak ada abstract: Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai gambar diri yang rusak akibat luka batin yang dialami konseli remaja pada umumnya. Ciri-ciri orang yang gambar dirinya rusak biasanya merasa rendah diri, sering emosional, bahkan stres. Yang bila dibiarkan hingga dewasa, akan menyebabkan berkembangnya pola pikir yang salah tentang diri sendiri maupun orang lain. Salah satu cara untuk memperbaiki gambar diri yang rusak adalah dengan mengenal diri dengan metode Satir. Metode ini yang diterapkan pada produk Tugas Akhir. Beberapa permainan untuk pengembangan diri yang ada di pasar hanya berfungsi untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk memecahkan masalah, namun tidak memberikan pembelajaran tentang mengenal diri. Padahal proses pengenalan diri dapat memberikan perubahan berarti pada diri seseorang. Oleh sebab itu, proyek Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendesain sarana edukasi dalam bentuk permainan yang memberikan pembelajaran untuk mengenal diri sendiri dengan metode satir. Dalam prosesnya, Tugas Akhir ini menggunakan metode 5W1H untuk brainstorming dan pencarian data, sedangkan metode SCAMPER digunakan dalam proses perancangan. Saat proses perancangan produk dalam bentuk model maupun prototype, dilakukan uji coba ke beberapa kelompok remaja yang berbeda. Sehingga diketahui seberapa jauh produk mampu dipahami maknanya oleh pemainnya dan kemudahan bermain. Tentunya permainan ini didesain sesuai dengan kriteria utama, yaitu praktis, ergonomis, mudah dipahami dan menarik. date: 2011-10 date_type: published pages: 69 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Desain Produk thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 24060028, Sabrina Utami (2011) SARANA EDUKASI UNTUK MENGENAL DIRI SENDIRI DENGAN METODE SATIR. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5440/1/24060028_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5440/2/24060028_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf