eprintid: 5386 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/53/86 datestamp: 2021-08-18 03:23:32 lastmod: 2021-08-18 03:23:32 status_changed: 2021-08-18 03:23:32 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22074362, I Putu Eka Widiantara creators_id: sky.widiantara@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Restyandito, Restyandito contributors_name: Setijadi, Hendro corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENYELESAIAN KASUS PADA GAME SOKOBAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEPTH FIRST SEARCH DAN A* ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Kebutuhan akan suatu hiburan mutlak diperlukan. Dengan perkembangan teknologi yang ada sekarang terutama dalam bidang multimedia, membuat game komputer menjadi salah satu yang paling banyak dimainkan diseluruh dunia baik dalam bentuk game yang dimainkan di console khusus maupun yang memang berjalan di PC, Laptop maupun Handphone. Game Sokoban merupakan salah satu game yang sistematis dengan ruang lingkup masalah yang jelas dimana dalam penyelesaian game ini pemain harus berhati-hati supaya bisa mencapai kondisi akhir (goal). Dewasa ini sudah banyak dikembangkan metode pencarian untuk menyelesaikan masalah seperti dalam kasus Game Sokoban ini. Baik yang berupa blind search seperti Breadth- First Search (BFS), Depth-First Search (DFS) maupun Iterative Deepening Search maupun pencarian dengan informasi atau Heuristic Search seperti Generate and Test, Hill Climbing, A* (A star) dan Simulated Anneling. Masing-masing metode pencarian tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu penulis mencoba menerapkan metode Depth-First Search (DFS) dan A* dalam kasus penyelesaian Game Sokoban untuk diteliti keefektifan dan efesiensinya ditinjau dari tingkat keberhasilan dan kecepatan dalam menyelesaikan game tersebut. Kompleksitas keadaan awal dan kedalam pencarian solusi mempengaruhi hasil pencarian dan keefektifan langkah yang ditemukan dimana kompleksitas keadaan awal dan tingkat kedalaman tidak mempengaruhi lamanya proses pencarian. date: 2011-10 date_type: published pages: 40 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22074362, I Putu Eka Widiantara (2011) PENYELESAIAN KASUS PADA GAME SOKOBAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEPTH FIRST SEARCH DAN A*. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5386/1/22074362_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5386/2/22074362_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf