eprintid: 5372 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 233 dir: disk0/00/00/53/72 datestamp: 2021-08-23 02:49:50 lastmod: 2021-08-23 02:49:50 status_changed: 2021-08-23 02:49:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22064099, Okchtario Kristiadhi creators_id: rio_dizzy@yahoo.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Setiadi, Hendro corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA GREEDY PADA PERMAINAN CONGKLAK ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Congklak, Algoritma Greedy abstract: Seiring perkembangan teknologi dibidang komputer, banyak bermunculan permainan tradisional yang berbasis komputer. Banyak algoritma digunakan untuk menetukan langkah terbaik dari komputer. Akan tetapi muncul permasalahan baru yaitu bagaimana cara mengefisiensikan pemeriksaan node dalam pencarian solusi tersebut. Pada penelitian ini penulis akan mencoba mengimplementasikan Algoritma Greedy untuk menentukan langkah terbaik pada permainan congklak. Algoritma lain misalnya minimax dianggap kurang efisien dalam pemeriksaan node karena algoritma ini meng-expand semua kemungkinan langkah. Algoritma greedy pada permainan congklak adalah mengambil lumbung kecil mana yang yang kemungkinan mendapatkan biji paling banyak pada lumbung penyimpanan. Penulis juga mencoba membandingkan pemeriksaan nilai heuristik pada masing-masing kemungkinan di tree berpengaruh terhadap kecerdasan komputer dalam menentukan langkah terbaik. Dengan penggunaan Algoritma Greedy diharapkan pencarian solusi langkah terbaik lebih efisien dalam pemeriksaan nilai heuristik diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan dari komputer. Kata Kunci: Congklak, Algoritma Greedy date: 2011-10 date_type: published pages: 48 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22064099, Okchtario Kristiadhi (2011) IMPLEMENTASI ALGORITMA GREEDY PADA PERMAINAN CONGKLAK. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5372/1/22064099_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5372/2/22064099_bab2%20-sd-%20bab4_lampiran.pdf