@phdthesis{katalog5372, year = {2011}, author = {Okchtario Kristiadhi 22064099}, month = {October}, title = {IMPLEMENTASI ALGORITMA GREEDY PADA PERMAINAN CONGKLAK}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, keywords = {Congklak, Algoritma Greedy}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/5372/}, abstract = {Seiring perkembangan teknologi dibidang komputer, banyak bermunculan permainan tradisional yang berbasis komputer. Banyak algoritma digunakan untuk menetukan langkah terbaik dari komputer. Akan tetapi muncul permasalahan baru yaitu bagaimana cara mengefisiensikan pemeriksaan node dalam pencarian solusi tersebut. Pada penelitian ini penulis akan mencoba mengimplementasikan Algoritma Greedy untuk menentukan langkah terbaik pada permainan congklak. Algoritma lain misalnya minimax dianggap kurang efisien dalam pemeriksaan node karena algoritma ini meng-expand semua kemungkinan langkah. Algoritma greedy pada permainan congklak adalah mengambil lumbung kecil mana yang yang kemungkinan mendapatkan biji paling banyak pada lumbung penyimpanan. Penulis juga mencoba membandingkan pemeriksaan nilai heuristik pada masing-masing kemungkinan di tree berpengaruh terhadap kecerdasan komputer dalam menentukan langkah terbaik. Dengan penggunaan Algoritma Greedy diharapkan pencarian solusi langkah terbaik lebih efisien dalam pemeriksaan nilai heuristik diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan dari komputer. Kata Kunci: Congklak, Algoritma Greedy} }