%0 Thesis %9 Bachelor %A 11094817, Fransiska Irawan Saputra %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Manajemen %D 2013 %F katalog:5318 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Tolak Angin, Ekuitas Merek (Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Kesan Kualitas dan Asosiasi Merek, Keputusan Pembelian %P 85 %T ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TOLAK ANGIN DI YOGYAKARTA %U https://katalog.ukdw.ac.id/5318/ %X Konsumen memiliki penilaian sendiri terhadap keputusan pembelian yang akan dilakukan. Merek biasanya menjadi salah satu dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan pembelian. Tolak Angin dikenal sebagai merek obat masuk angin yang sudah mempunyai nama dipasaran. Dalam penelitian ini menguji pengaruh Ekuitas Merek terhadap keputusan pembelian Tolak Angin di Yogyakarta. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah variabel dependen yaitu keputusan pembelian dan variabel independen terdiri dari kesadaran merek, loyalitas merek, kesan kualitas dan asosiasi merek. Pengujian kuisioner menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regesi linier berganda dengan uji F dan uji t. Data yang dicari dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari kuisioner kepada 100 orang yang pernah menggunakan produk tolak angin. Penelitian ini menguji pengaruh signifikan secara simultan dan parsial antara variabel independen terhadap variabel dependen. Profil responden terdiri dari : jenis kelamin, usia, pekerjaan, jenis obat yang diminum saat masuk angin, obat tradisional apa yang diminum, dan pernah atau tidak menggunakan produk tolak angin. Pernyataan mengenai variabel terdiri dari 15 pertanyaan. Melalui karakteristik responden dan pertanyaan yang ada. Maka penelitian ini mendapatkan bahwa hanya dua variabel yaitu variabel kesadaran merek dan asosiasi merek yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk tolak angin di Yogyakarta. Sedangkan dua variabel lainnya tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesadaran merek dan asosiasi merek dapat mempengaruhi para konsumen untuk melakukan keputusan pembelian produk.