%0 Thesis %9 Bachelor %A 11094797, Amelia Yuliana Christanti %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Manajemen %D 2013 %F katalog:5295 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Produk, Harga, dan Keputusan pembelian %P 63 %T PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN CAIR LUX %U https://katalog.ukdw.ac.id/5295/ %X Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cair Lux”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian sabun cair lux dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian sabun cair lux. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan membagikan kuesioner di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta pada bulan oktober - november 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa konsumen sabun cair lux di Universitas Kristen Duta Wacana. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan teknik penyebaran kuesioner menggunakan purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis persentase, dan analisis regresi berganda, pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R²). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,867 + 0,387 Produk + 0,393 Harga. Berdasarkan analisis data statistik, indikator - indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Secara individu dari masing - masing variabel semuanya memiliki pengaruh, harga dengan koefisien regresi sebesar 0,393 dan produk dengan koefisien regresi sebesar 0,387. Dari hasil analisis uji t diperoleh variabel produk dengan t hitung > t tabel yaitu 4,527 > 1,985 dan variabel harga dengan t hitung > t tabel yaitu 3,766 > 1,985. Kemudian dari hasil analisis uji F dengan F hitung > F tabel yaitu 34,739 > 3,09 dan memiliki probabilitas signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Dengan itu dapat dibuktikan bahwa inovasi produk dan harga produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dan diharapkan jika ingin membantu meningkatkan penjualan, maka harus tetap memberikan produk yang baik serta berkualitas dan melakukan penyesuaian/ penetapan harga yang tepat.