%A ESTER NOVARIA 01130011 %L katalog522 %K Rumah Belajar, Taman Belajar, Gereja Kristen Indonesia (GKI), Pelaksanaan Pendidikan, Pendidikan Yang Membebaskan, Teologi Pembebasan. %D 2018 %X Rumah Belajar dan Taman Belajar Gereja Kristen Indonesia (GKI) Cianjur merupakan sebuah bentuk pelaksanaan aksi sosial kepada masyarakat yang berfokus pada bidang pendidikan. Keberadaan pelayanan ini merupakan sebuah langkah untuk berupaya mewujudkan pelayanan gereja yang holistik dalam rangka mengentaskan kemiskinan dalam kehidupan masyarakat. Pelayanan ini akan menjadi sangat baik ketika pendidikan yang dilakukan tidak hanya mengulang pembelajaran di sekolah, tetapi memberikan pengajaran yang membantu guru dan murid untuk menjadi pribadi yang peka pada kehidupan sosial mereka dan terdorong melakukan perubahan sosial. Konsep pendidikan yang membebaskan dari Paulo Freire merupakan sebuah upaya untuk melaksanakan pendidikan yang membawa guru dan murid semakin mengenal konteks kehidupannya dan mendorong mereka melakukan perubahan. Menjadi menarik ketika konsep tersebut dipakai untuk melihat proses pelaksanaan pendidikan di sana. Hasil penelitian tentang pelaksanaan proses pendidikan tersebut kemudian dipakai untuk membaca teologi yang dihayati oleh GKI Cianjur. Pelaksanaan aksi sosial tentunya merupakan bagian yang penting bagi pelayanan gereja, ada penghayatan tentang Allah dan sesama lewat pelayanan tersebut. Teologi pembebasan yang senantiasa memperhatikan aksi dan refleksi menjadi penghayatan yang penulis pakai untuk meninjau hasil penelitian tersebut. %T RUMAH BELAJAR DAN TAMAN BELAJAR GEREJA KRISTEN INDONESIA CIANJUR: PELAKSANAAN PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN SEBAGAI RUANG BERTEOLOGI PEMBEBASAN %I Universitas Kristen Duta Wacana