%K Anak-anak, Sosial emosi, Product design, Bermain, Etnografi, SCAMPER %T PERMAINAN PAPAN EKSPERIMENTAL SEBAGAI ALAT INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK-ANAK %L katalog5141 %D 2021 %A Putra Persada Kristin 62140003 %X Perkembangan sosial emosi anak-anak merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang diri anak-anak. Melalui aktifitas bermain di lingkungannya, anak-anak belajar memahami aspek perkembangan sosial emosi empati, afiliasi, resolusi konflik, dan kebiasaan positif. Namun pembelajaran tentang aspek perkembangan sosial emosi di lingkungan anak-anak terutama pada lingkungan sekolah belum terlalu banyak, sehingga anak-anak belajar tentang aspek sosial emosi dari interaksi antar anak-anak. Hal ini membuat anak-anak terhambat dalam memahami serta mengembangkan aspek sosial emosi mereka. Subjek penelitian ini adalah kelas B2 TKK Sang Timur. Melalui pendekatan Etnografi, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui aspek perkembangan sosial emosi empati, afiliasi, resolusi konflik dan kebiasaan positif serta permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran aspek perkembangan sosial emosi oleh anak-anak. Metode kreatif SCAMPER diharapkan mampu menyelesaikan permasalah yang ada dan meningkatkan efek produk untuk aspek perkembangan sosial emosi empati, afiliasi, resolusi konflik, dan kebiasaan positif. %I Universitas Kristen Duta Wacana