eprintid: 5031 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 13 dir: disk0/00/00/50/31 datestamp: 2021-03-23 01:07:45 lastmod: 2021-03-23 01:07:45 status_changed: 2021-03-23 01:07:45 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 01130040, Sifra Reggyna Agita Sigarlaki creators_id: sifrasigarlaki@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Wibowo, Wahju Satria corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PEMIKIRAN DRIYARKARA TENTANG PENDIDIKAN : ANALISA PEMIKIRAN DRIYARKARA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DI INDONESIA ispublished: pub subjects: B1 subjects: BR subjects: L1 divisions: pend_teologi full_text_status: restricted keywords: Driyarkara, Pendidikan, Fundamental, Memanusiakan, Perjuangan abstract: Pendidikan merupakan hal fundamental yang bertujuan untuk memanusiakan manusia muda. Mengingat zaman terus berkembang dan semakin maju sehingga manusia juga perlu untuk berkembang baik dari segi pengetahuan, dan karakter. Disinilah pendidikan dibutuhkan untuk membantu menyeimbangkan antara aspek kognitif yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, serta aspek afektif yang berhubungan dengan personalitas seseorang. Hal ini akan membentuk pola karakter manusia muda yang berlangsung seumur hidup. Jika pendidikan tidak tersampaikan dengan baik terhadap seseorang, maka hal itu akan berdampak bagi masa depan, lingkungan sekitarnya, bahkan negara. Untuk itu pendidikan merupakan perjuangan bersama baik dari manusia itu sendiri, lingkungan, dan juga negara untuk mendukung terwujudnya pendidikan bagi setiap individu. Driyarkara yang merupakan tokoh pendidikan Indonesia telah menunjukkan perjuangannya dalam memperjuangkan pendidikan bagi rakyat Indonesia. Sebagai seorang tokoh yang berperan bagi pendidikan Indonesia, Driyarkara menunjukkan keseriusannya berkonsentrasi pada pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang merupakan hal fundamental bagi Driyarkara membuat pendidikan Indonesia pada zamannya bisa dirasakan secara merata oleh seluruh rakyat Indonesia tanpa memandang status dan strata sosial. Harusnya hal itu bisa terus berlanjut dan dirasakan bagi rakyat Indonesia saat ini, namun dunia yang terus berkembang menjadi tantangan tersendiri. Segala sesuatu menjadi mahal menyeret pendidikan masa kini menjadi hal yang mahal juga. Titik permasalahannya bukan berada pada biaya pendidikan yang semakin mahal, namun pada para penanggung jawab pendidikan baik dari pemerintahan maupun pihak sekolah sebagai pelaku pendidikan di Indonesia. Hal penting yang perlu dibangun adalah pendidikan harus berorientasi pada manusia yang dididik. date: 2021-02-13 date_type: published pages: 61 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Teologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 01130040, Sifra Reggyna Agita Sigarlaki (2021) PEMIKIRAN DRIYARKARA TENTANG PENDIDIKAN : ANALISA PEMIKIRAN DRIYARKARA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5031/1/01130040_bab1_bab5_daftar%20pustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5031/2/01130040_bab2-s.d-bab4_lampiran.pdf