TY - THES UR - https://katalog.ukdw.ac.id/5015/ EP - 72 TI - INOVASI MODEL BISNIS BATIK DAN IMPLIKASINYA BAGI PENGEMBANGAN START UP N2 - Inovasi Model Bisnis menjadi kunci dalam mengembangkan dan memperbaiki startegi perusahaan untuk mampu bersaing. Dalam melakukan penelitian langsung di lapangan model bisnis start up mengalami kesulitan untuk melakukan inovasi model bisnis yang ada. Tujuan dari penelitian ini, pertama, untuk mengevaluasi sembilan komponen pada model bisnis canvas pada komunitas pembatik Kicak Kidul, Yogyakarta. Kedua, mengembangkan inovasi pada suatu model bisnis start up. Model penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, studi kasus. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam. Model analisis menggunakan kerangka CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan komponen model bisnis canvas pembatik desa Kricak Kidul, Yogyakarta masih kurang dan perlu perbaikan inovasi. Inovasi atas komponen model bisnis canvas menjadi dasar pengembangan bisnis start up. Model bisnis start up menciptakan nilai yang berbeda, dengan melakukan inovasi pada aktivitas utama, proposisi nilai, dan relasi pelanggan dan pentingnya penciptaan nilai sosial. KW - Social entrepreneur KW - Inovasi model bisnis KW - Model CIPP PB - Universitas Kristen Duta Wacana M1 - masters Y1 - 2021/02/13/ A1 - 13160005, Inthannia Elvaretha Wijaya AV - restricted ID - katalog5015 ER -