eprintid: 5007 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 11 dir: disk0/00/00/50/07 datestamp: 2021-04-22 03:21:04 lastmod: 2021-04-22 03:21:04 status_changed: 2021-04-22 03:21:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 61160088, Andy Kurniawan Saputra creators_id: andyk9182@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sabono, Ferdy contributors_name: Octarino, Christian Nindyaputra corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PERANCANGAN TAMAN KANAK-KANAK DAN TEMPAT PENITIPAN ANAK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN PENDEKATAN DESAIN INKLUSI ANAK TUNADAKSA DI KOTA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: AS subjects: LB1501 subjects: NA divisions: pro_arsi full_text_status: restricted keywords: Anak berkebutuhan Khusus, Tuna daksa, Sekolah inklusif, Taman kanak-kanak, Tempat penitipan anak abstract: Indonesia memiliki jumlah anak berkebutuhan khusus yang cukup banyak, dan anak-anak tersebut memerlukan sarana penunjang pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan. Namun jumlah anak berkebutuhan khusus yang dapat menempuh pendidikan masih sangat sedikit. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kelainan baik pada fisik maupun pada mentalnya, salah satu jenis anak berkebutuhan adalah penyandang tuna daksa, yaitu anak dengan kecatatan fisik. Sekolah inklusi merupakan sekolah yang dapat mewadahi anak-anak berkebuthan khusus agar bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan sesuai dengan kebutuhan anak. Karena pada dasarnya anak-anak berkebutuhan khusus juga berhak untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang layak seperti anak normal pada umumnya. Namun dikarenakan kurangnya sarana sekolah inklusif yang dapat mewadahi anak-anak tersebut, menjadikan banyak anak-anak berkebutuhan khusus tidak mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya. Kurangnya sarana sekolah inklusif juga mengakibatkan kurangnya opsi bagi orang tua untuk memilih sekolah yang tepat untuk anak mereka. Selain permasalahan tersebut, ketersediaan tempat penitipan anak juga sangat mempengaruhi keputusan orang tua dalam memilih sarana pelayanan pendidikan bagi anak mereka, karena saat ini kebanyakan orang tua memiliki jam kerja yang cukup panjang, sehingga waktu untuk merawat anaknya menjadi lebih sedikit. Ide desain perancangan taman kanak-kanak dan tempat penitipan anak merupakan jawaban dari permasalahan tersebut, menyatukan antara taman kanak-kanak dan tempat penitipan anak akan lebih memaksimalkan pelayanan bagi anak-anak. Di tempat tang sama anak-anak dengan kebutuhan khusus akan diberikan pelayanan sesuai dengan kebutujan dan peruntukannya, hal ini bertujuan utuk meningkatkan kepercayaan diri anak dalam melakukan aktivitasnya. date: 2021-02-13 date_type: published pages: 31 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Arsitektur thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 61160088, Andy Kurniawan Saputra (2021) PERANCANGAN TAMAN KANAK-KANAK DAN TEMPAT PENITIPAN ANAK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN PENDEKATAN DESAIN INKLUSI ANAK TUNADAKSA DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5007/1/61160088_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/5007/2/61160088_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf