%D 2011 %L katalog4941 %T PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKUR KINERJA MANAJEMEN PADA PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK %K Balanced Scorecard, kinerja manajemen. %I Universitas Kristen Duta Wacana %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. Matahari Department Store Tbk dengan menggunakan Balanced Scorecard yang memakai empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pengukuran pada perspektif keuangan dengan melihat pertumbuhan pendapatan, ROI dan Profit Margin. Sedangkan pada perspektif pelanggan, proses bisnis, pembelajaran dan pertumbuhan menggunakan kuesioner, dan data primer dan sekunder yang berasal dari PT. Matahari Department Store Tbk (MDS). Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Perspektif keuangan MDS, yang dilihat dari pertumbuhan pendapatan, ROI dan profit margin menunjukkan kinerja MDS sudah baik. 2) Perspektif pelanggan mencerminkan kinerja karyawan yang baik terhadap pelayanan customer termasuk layanan kartu MCC dan VOC. 3) Perspektif Internal Bisnis, yaitu inovasi perusahaan dan layanan purna jual, secara keseluruhan kinerja manajemen perusahaan menunjukkan hasil yang baik. 4) Perpektif pembelajaran dan pertumbuhan mengenai tingkat kepuasan karyawan memperlihatkan hasil yang baik. Hal ini terbukti dengan adanya penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang berprestasi melalui Customer Service All Star. Selain itu, perusahaan juga memberikan pelatihan kepada karyawan. %A Nindy Livia Luciawanty 12070548