%0 Thesis %9 Bachelor %A 23050060, Wandy %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Sistem Informasi %D 2011 %F katalog:4900 %I Universitas Kristen Duta Wacana %P 52 %T PROGRAM BANTU PENJURUSAN SISWA SMA MENGGUNAKAN METODE MULTIKRITERIA STUDI KASUS: SMA PADMAWIJAYA %U https://katalog.ukdw.ac.id/4900/ %X Penjurusan diperkenalkan sebagai upaya untuk lebih mengarahkan siswa berdasarkan minat dan kemampuan akademiknya. Dari pihak siswa, pada umumnya yang mempunyai kemampuan sains dan ilmu eksakta yang baik, biasanya akan memilih jurusan IPA, dan yang memiliki minat pada sosial dan ekonomi akan memilih jurusan IPS. Menentukan jurusan siswa sendiri adalah pekerjaan yang tidak mudah bagi pihak sekolah, karena hal tersebut ditentukan berbagai faktor, antara lain; minat siswa, nilai akhir, nilai remidi, KKM, dan keinginan orang tua siswa. Penjurusan ini dimaksudkan untuk memudahkan siswa memilih bidang ilmu yang akan ditekuninya di Universitas atau akademi yang tentunya akan mengarah pula kepada karirnya kelak. Penelitian ini akan membahas tentang cara pembobotan dari setiap kriteria penjurusan yang berupa nilai nilai mata pelajaran yang sesuai dengan bidang minat siswa tersebut. Setiap kriteria memiliki bobot yang berbeda-beda dan setiap kriteria tersebut akan mempengaruhi penjurusan tersebut. Dengan demikian Kepala Bagian Kurikulum SMA dapat mengetahui jurusan yang sesuai untuk siswa dari hasil nilai mata pelajaran yang sesuai dengan bidang minat siswa tersebut. Untuk memprediksikan hasil penjurusan siswa tersebut maka digunakan MCDM (Multi-Criteria Decision Making) untuk membantu melakukan pembobotan dalam setiap kriteria. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah program bantu untuk memprediksikan hasil penjurusan siswa dengan berbagai kriteria dari nilai mata pelajaran yang sesuai dengan bidang minat. Semua kriteria beserta nilai dan bobotnya bisa diatur sesuai dari ketentuan sekolah yang menggunakan program bantu ini sehingga dapat menjadi program bantu yang fleksibel.