@phdthesis{katalog4873, year = {2011}, school = {Universitas Kristen Duta Wacana}, month = {June}, title = {PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX DENGAN ALPHA-BETA PRUNING UNTUK PENYELESAIAN PERMAINAN NINE MEN?S MORRIS.}, author = {Andhri Hermawan Effendi 22074214}, abstract = {Perkembangan teknologi komputer saat ini telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang. Salah satunya ialah sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Kecerdasan buatan ini banyak diterapkan pada permainanpermainan. Beberapa aplikasi kecerdasan buatan juga telah berhasil mengalahkan pemain tingkat dunia. Permainan yang akan penulis teliti di sini ialah Nine Men?s Morris. Permainan ini merupakan permainan papan klasik sejak jaman kerajaan roman. Permainan ini memiliki beberapa variasi lainnya yaitu Three Men's Morris, Six Men's Morris, dan Twelve Men's Morris. Kecerdasan buatan yang akan diterapkan dalam permainan 2 orang ini menggunakan metode minimax yang merupakan algoritma yang biasa digunakan untuk permainan 2 orang. Akan tetapi algoritma minimax memiliki kelemahan yaitu harus menelusuri semua node yang ada meskipun node tersebut sebenarnya dapat diabaikan. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Alpha-Beta Pruning untuk mengurangi jumlah percabangan. Beberapa kesimpulan yang dapat diperoleh setelah melakukan penelitian tentang penerapan algoritma minimax alpha-beta pruning untuk penentuan langkah terbaik pada permainan Nine Men?s Morris adalah algoritma minimax alpha-beta pruning dapat diterapkan untuk penyelesaian permainan Nine Men?s Morris dan dalam uji coba sistem algoritma minimax alpha-beta pruning dapat bermain unggul melawan pemain. Waktu yang dibutuhkan untuk berpikir dipengaruhi oleh kedalaman, jumlah percabangan, dan arah penelusuran tree dan waktu berpikir untuk penelusuran langkah yang mengandung banyak kemungkinan mengambil morris lawan relatif lebih lama.}, url = {https://katalog.ukdw.ac.id/4873/}, keywords = {Flash Game, Minimax, Alpha-Beta, Nine Men?s Morris} }