eprintid: 4824 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/48/24 datestamp: 2021-08-10 03:54:37 lastmod: 2021-08-10 03:54:37 status_changed: 2021-08-10 03:54:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22064016, Yulius Wayan Adi Utama creators_id: thegrey007@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Haryono, Nugroho Agus corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Dalam penelitian ini ingin dibuat sebuah aplikasi untuk menyelesaikan permainan puzzle geser dengan mengimplementasikan algoritma A* (A Star). Permainan puzzle ini dapat berupa deretan angka ataupun gambar. Pengguna dapat memasukkan ukuran bidang permainan yang tidak harus simetris dan mengacak posisi puzzle. Aplikasi akan memproses dan menghasilkan keluaran berupa langkah–langkah yang optimal untuk mencapai solusi. Ada 3 pengujian yang dilakukan dalam aplikasi ini. Pertama, menguji apakah aplikasi yang dibangun sudah mampu menerapkan algoritma A* dalam hubungannya dengan menyelesaikan permainan puzzle geser. Kedua, menguji tingkat kesuksesan penyelesaian permainan puzzle geser dengan menerapkan algoritma A*. Ketiga, menguji pengaruh kompleksitas keadaan awal terhadap proses pencarian solusi dengan A*. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Algoritma A* dapat diimplementasikan dalam aplikasi untuk menyelesaikan permainan puzzle geser. Aplikasi pasti menemukan langkah–langkah mencapai solusi untuk berbagai macam keadaan awal puzzle, dengan catatan proses pengacakan mengikuti aturan dari sistem. Kompleksitas keadaan awal berpengaruh pada proses pencarian solusi. Semakin banyak posisi bidang pada keadaan awal yang berbeda dengan posisi bidang pada keadaan tujuan, semakin banyak pula state yang harus diperiksa sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. date: 2011-06 date_type: published pages: 44 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22064016, Yulius Wayan Adi Utama (2011) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4824/1/22064016_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4824/2/22064016_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf