<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER"^^ . "Dalam penelitian ini ingin dibuat sebuah aplikasi untuk menyelesaikan permainan puzzle geser dengan mengimplementasikan algoritma A* (A Star).\r\nPermainan puzzle ini dapat berupa deretan angka ataupun gambar. Pengguna dapat memasukkan ukuran bidang permainan yang tidak harus simetris dan mengacak posisi puzzle. Aplikasi akan memproses dan menghasilkan keluaran berupa langkah–langkah yang optimal untuk mencapai solusi.\r\nAda 3 pengujian yang dilakukan dalam aplikasi ini. Pertama, menguji apakah aplikasi yang dibangun sudah mampu menerapkan algoritma A* dalam hubungannya dengan menyelesaikan permainan puzzle geser. Kedua, menguji\r\ntingkat kesuksesan penyelesaian permainan puzzle geser dengan menerapkan algoritma A*. Ketiga, menguji pengaruh kompleksitas keadaan awal terhadap proses pencarian solusi dengan A*.\r\nHasil pengujian menunjukkan bahwa Algoritma A* dapat\r\ndiimplementasikan dalam aplikasi untuk menyelesaikan permainan puzzle geser. Aplikasi pasti menemukan langkah–langkah mencapai solusi untuk berbagai macam keadaan awal puzzle, dengan catatan proses pengacakan mengikuti aturan dari sistem. Kompleksitas keadaan awal berpengaruh pada proses pencarian solusi. Semakin banyak posisi bidang pada keadaan awal yang berbeda dengan posisi bidang pada keadaan tujuan, semakin banyak pula state yang harus diperiksa sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama."^^ . "2011-06" . . . . "Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . "Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . . . . . . . . . "Joko"^^ . "Purwadi"^^ . "Joko Purwadi"^^ . . "Yulius Wayan Adi Utama"^^ . "22064016"^^ . "Yulius Wayan Adi Utama 22064016"^^ . . "Nugroho Agus"^^ . "Haryono"^^ . "Nugroho Agus Haryono"^^ . . "Universitas Kristen Duta Wacana"^^ . . . . . . . "IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER (Text)"^^ . . . "22064016_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #4824 \n\nIMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A STAR) PADA PERMAINAN PUZZLE GESER\n\n" . "text/html" . . . "QA Matematika"@id . . . "QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer"@id . . . "QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer"@id . .