eprintid: 4785 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 52 dir: disk0/00/00/47/85 datestamp: 2021-08-13 03:18:06 lastmod: 2021-08-13 03:18:06 status_changed: 2021-08-13 03:18:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 22043645, Junventus Endwin creators_id: myiszy86@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purwadi, Joko contributors_name: Chrismanto, Antonius Rachmat corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: IMPLEMENTASI ALGORITMA ITERATIVE DEEPENING SEARCH (IDS) UNTUK MENCARI SOLUSI DALAM PERMAINAN SHIKAKU ispublished: pub subjects: QA subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted abstract: Permainan yang menggunakan logika banyak bermunculan, salah satunya permainan yang dikeluarkan oleh perusahaan Nikoli yang bernama Shikaku (rectangler). Permainan shikaku terdiri dari papan petak yang berisi angka. Pemain cukup membagi petak-petak menjadi beberapa sub petak sesuai angka yang ada. Cara pembagian petak-petak yang diperbolehkan adalah persegi panjang dan persegi. Tidak boleh ada 1 kotak pun yang tidak kelompokkan dan dalam 1 kelompok hanya boleh berisi 1 angka. Permainan selesai apabila seluruh petak telah dikelompokkan sesuai aturan tersebut. Sistem kecerdasan buatan dapat digunakan untuk membantu agar dapat menemukan solusi permainan shikaku. Sistem cerdas dibangun dengan menerapkan Iterartive Deepening Search yang merupakan algoritma pencarian buta (blind search) dimana tidak ada infomasi cost/jarak. Untuk mempermudah sistem ini bekerja, maka dibuatlah model pola dari angka-angka yang akan ditampilkan. Sistem akan menelusuri kemungkinan kemungkinan pola yang dapat dibentuk dari masing-masing angka namun dengan menentukan kedalaman depthlimitnya. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa algoritma Iterative Deepening Search ini terbukti complete untuk menyelesaikan permainan Shikaku. Waktu yang diperlukan untuk menemukan solusi dengan fungsi tersebut relatif cepat yaitu 0,275 detik. Algoritma ini akan mengalami kebuntuan apabila soal yang dimasukkan salah. date: 2011-06 date_type: published pages: 59 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 22043645, Junventus Endwin (2011) IMPLEMENTASI ALGORITMA ITERATIVE DEEPENING SEARCH (IDS) UNTUK MENCARI SOLUSI DALAM PERMAINAN SHIKAKU. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4785/1/22043645_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/4785/2/22043645_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf